Cara Berlindung Unik Ikan Badut

Pernah menonton film animasi “Finding Nemo"? Bila pernah, tentunya Anda tidak asing lagi dengan anak ikan bernama Nemo, tokoh utama dalam film tersebut. Nama asli Nemo adalah ikan giru (clownfish). Ada yang menarik saat ikan ini berlindung dari satwa lain yang mengganggunya. Apa itu? Ayo simak informasi berikutnya.

Ikan giru yang merupakan ikan hias air laut di masyarakat lebih dikenal dengan sebutan ikan badut. Dinamakan demikian karena tubuhnya yang berwarna cerah, mirip kostum badut. Bentuknya yang lucu, ditambah warna yang menarik, membuat ikan badut disukai banyak orang. Cara ikan badut melindungi dirinya saat dalam bahaya juga dianggap unik.

Berdasarkan laman kkp.go.id, ikan badut dan anemon laut (hewan dari kelas Anthozoa yang sekilas terlihat seperti tumbuhan karang) dapat hidup secara berdampingan di laut dengan cara saling menguntungkan. Anemon laut memberikan tempat tinggal untuk ikan badut. Biasanya, ikan badut berdiam di antara tentakel anemon yang sifatnya menyengat. Cara seperti ini sangat ampuh bagi ikan badut untuk berlindung dari satwa yang ingin memakannya.

Sementara itu, ikan badut juga memiliki peran yang tidak kalah penting bagi kehidupan anemon laut. Ikan badut membantu anemon laut untuk menghalau ikan kupu-kupu (butterfly fish) yang mencoba memakan tentakel anemon. Di malam hari, ikan badut juga tetap aktif bergerak dan mengibaskan siripnya.

Kebiasaan ikan badut ini menguntungkan anemon laut. Karena saat kadar oksigen menjadi rendah, ikan badut memberikan sirkulasi udara bagi anemon laut. Oh ya, kadar oksigen itu dapat menjadi rendah karena proses fotosintesis telah berhenti.

Cabang-cabang anemon laut tersebut dapat menyengat satwa lain melalui kapsul-kapsul yang dimilikinya yang mengandung racun. Ikan yang menyentuhnya akan terluka atau mati. Tapi hal itu tidak berlaku bagi ikan badut. Ikan badut malah bersembunyi di balik cabang-cabang anemon untuk menghindari satwa lain yang akan mengganggunya.

Kondisi seperti itu, menurut laman dunia-perairan.com, bisa terjadi karena ikan badut punya cairan khusus di badannya. Nah, cairan khusus yang dikeluarkannya ini akan melindungi ikan badut dari racun, termasuk melindungi dari racun yang ada dalam kapsul anemon laut.

Kelangsungan hidup ikan badut ini berkaitan erat dengan anemon laut. Tidak heran, ikan badut akan mengikuti ke mana pun anemon laut pergi. Artinya, kalau anemon laut berpindah tempat, ikan badut pun akan mengikutinya.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :