Manta, Ikan Pari Terbesar di Dunia

Kali ini kita akan membahas tentang ikan yang saat berenang di lautan, gerakan siripnya seperti burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Bentuk tubuhnya pipih dan memiliki ekor seperti cambuk. Apakah Anda sudah bisa menebak nama ikan ini?

Ikan tersebut namanya pari. Ikan pari termasuk ke dalam kelompok hewan bertulang lunak dan bisa kita temukan di perairan pantai serta laut. Ada berbagai jenis dari ikan pari ini. Masing-masing jenis memiliki ukuran dan kebiasaan yang berbeda. Salah satu di antaranya adalah ikan pari manta.


Ikan pari manta hidup di lautan tropis. Biasa muncul di permukaan laut dan terlihat di terumbu karang. Kata manta berasal dari bahasa Spanyol yang artinya selimut. Ikan pari jenis ini tidak terlihat takut dengan kehadiran manusia sehingga orang dapat berada dekat dengan ikan ini.

Ikan pari manta termasuk spesies ikan pari terbesar di dunia. Informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya bisa mencapai sekitar 7 meter. Sementara, berat tubuhnya yang pernah tercatat mencapai sekitar 3 ton. Wah besar dan berat juga ya, ikan pari manta ini.

Oh ya, bentuk sirip dadanya yang lebar dan tubuhnya yang seperti pipih memudahkan ikan pari manta untuk berenang di lautan. Gerakan sirip ikan pari manta saat berenang mirip kepakan burung yang sedang terbang. Tak heran, ikan pari manta ini terlihat seperti terbang atau melayang di lautan.

Ikan pari manta bernapas melalui celah insang. Ada lima pasang insang di bagian bawah tubuh ikan pari manta. Sumber makanan bagi ikan pari manta ini banyak, di antaranya plankton dan ikan-ikan kecil.

Ikan pari manta mempunyai sirip yang terlihat seperti tanduk. Ternyata, itu merupakan salah satu ciri khas dari ikan pari manta. Tanduk tersebut berguna untuk membantu memasukkan plankton ke dalam mulutnya. Letak tanduk berada dekat mulutnya.

Ciri khas lainnya yang dimiliki ikan pari manta adalah suka melompat keluar dari air laut. Seperti ikan lumba-lumba ya? Ada berbagai pendapat mengenai hal tersebut. Salah satu pendapat mengatakan kebiasaan ini dilakukan ikan pari manta untuk melepaskan hewan lain yang menempel di atas tubuhnya. [Yeni Ratnadewi/PRM/02022020]
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :