Panduan Lengkap Menghapus Aplikasi dari Gadget

WartaIptek.com - Berapa banyak aplikasi yang telah Anda install di smartphone atau tablet Android? Tentu jika jumlahnya semakin banyak, maka akan membebani kapasitas media penyimpanan. Jika sudah begitu maka langkah paling tepat adalah menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. 

Ada kalanya Anda merasa bahwa menghapus aplikasi tak perlu dilakukan karena menganggap jika suatu saat akan berguna. Daripada menjadi "penimbun aplikasi" maka lebih baik dihapus saja. 

Untungnya OS Android sangat memudahkan Anda untuk menghapus atau melakukan proses uninstall aplikasi dengan mudah. Yang menarik adalah banyak bermacam cara untut melakukannya.


Application Manager
Merupakan cara yang paling sering dilakukan dan tiap gadget memiliki opsi menu yang berbeda, tetapi tujuannya sama.
  1. Untuk gadget Android dengan UI yang standar bawaan (AOSP), maka menu yang harus diakses adalah Settings>Apps. Atau misalnya di gadget Samsung Galaxy adalah Settings>Applications>Application manager.
  2. Halaman ini akan dibagi dalam beberapa tab, dan yang perlu Anda lihat adalah pada tab Downloaded (aplikasi yang Anda download dari Play Store) atau All (semua aplikasi di tab Downloaded plus aplikasi bawaan sistem). 
  3. Lanjutkan dengan memilih aplikasi yang akan dihapus. Tap tombol "Uninstall”, berikan konfirmasi dan aplikasi akan dihapus.
Play Store
Pasar aplikasi dari Google ini tak hanya menyediakan fasilitas untuk mendownload aplikasi saja, melainkan juga menghapusnya. Cara ini dapat Anda gunakan ketika suatu saat sedang mencarkari aplikasi yang ingin diinstal, namun teringat bahwa kapasitas penyimpanan sudah minim. Daripada mengakses menu Settings, lebih baik langsung menghapus aplikasi saja dari Play Store.
  1. Pada Play Store, tap ikon garis berjajar di sisi kiri boks pencarian atau sapukan layar dari sisi kiri ke tengah untuk menampilkan panel pengaturan. 
  2. Selanjutnya pilih opsi "My apps." 
  3. Aktif di tab Installed, ditampilkan berbagai aplikasi yang telah Anda install di gadget berikut informasinya yakni "Installed" atau telah diinstal. Tap saja aplikasi yang berniat dihapus. 
File Manager
Banyak berbagai aplikasi file manager yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk menjelajahi berbagai file dan folder yang tersimpan, baik di memori internal maupun ekstemal. Beberapa file manager juga memiliki fitur untuk menghapus aplikasi, salah satunya adalah ES File Explorer File Manager.
  1. Tap tiga garis berjajar di sudut kiri atas atau sapukan layar dari sisi kiri ke tengah untuk menampilkan panel pengaturan. 
  2. Lanjut dengan memilih menu "App" . pada panel. 
  3. Ditampilkan daftar aplikasi yang telah diinstal pada sistem. Menariknya adalah Anda dapat menghapus beberapa aplikasi secara bersamaan ketimbang satu-persatu. Tap dan tahan lama sebuah aplikasi, lalu tap beberapa aplikasi lain untuk memilihnya.
  4. Muncul jendela konfirmasi untuk meng hapus aplikasi. Tap "Uninstall." 
Aplikasi Mufti Uninstall
Terdapat aplikasi di Play Store yang menyediakan fungsi sama seperti langkah sebelumnya, yakni menghapus beberapa aplikasi sekaligus. Salah satu aplikasi tersebut adalah Easy Uninstaller.
  1. Caranya sama seperti yang ada di ES File Explorer. Setelah daftar aplikasi ditampilkan, tap dan tahan aplikasi mana saja yang akan dihapus. 
  2. Tap tombol "Uninstall" di bagian bahwa layar, kemudian berikan konfirmasi. Hal yang sedikit mengganggu adalah Anda harus memberikan konfirmasi untuk setiap aplikasi yang akan dihapus. 
Hapus Bloatware
Untuk berbagai langkah di atas berlaku pada aplikasi yang Anda instal melalui Play Store, tetapi tidak untuk aplikasi bawaan sistem atau disebut bloatware. Masalahnya adalah tak semua bloatware tersedia dan bermanfaat. Daripada menghabiskan kapasitas media penyimpanan, akan lebih baik jika bloatware dihapus. Namun untuk cara ini diperlukan akses root.
  1. Cara ini memerlukan bantuan aplikasi bemama ROM Toolbox lite yang tersedia di Play Store. Jalankan aplikasi lalu tekan tombol  “App manager”.
  2. Semua aplikasi yang terinstal di sistem (termasuk bloatware) akan ditampilkan di dalam daftar aplikasi. Tap ikon "+" di sudut kanan bawah untuk mengaktifkan mode multi seleksi aplikasi. Scroll daftar aplikasi ke bawah untuk mencari bloatware. Kemudian tap aplikasi apa saja yang akan dihapus. 
  3. Tap ikon tempat sampah untuk melakukan proses penghapusan. Menariknya di sini adalah Anda hanya perlu melakukan konfirmasi sekali saja. 
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :