Lindungi Tumbuh Kembang dengan Mencegah Penyakit GERD

Tumbuh dan kembang seorang anak sangat ditentukan oleh bagaimana penyerapan nutrisinya berjalan. Supaya berjalan optimal, maka kesehatan sistem pencernaan tubuh perlu dijaga agar terhindar dari penyakit. Salah satunya adalah penyakit GERD yang bisa membuat sistem pencernaan terganggu dan menghambat aktivitas Anda sehari-hari.

Penyakit GERD menyerang sistem pencernaan Anda melalui kadar asam lambung yang berlebih. Saat penyakit ini tiba, Anda perlu mewaspadainya karena bisa memberikan rasa sakit yang luar biasa. Sudah ada banyak website kesehatan yang mengulas penyakit yang satu ini lengkap dengan obat pilek untuk anak 2 tahun yang bisa Anda gunakan dan artikel berikut juga akan mengulas seputar cara menghindari penyakit GERD.


Jangan Makan Terlalu Banyak
Setiap orang tentu memiliki porsinya masing-masing saat makan. Ada orang yang kuat untuk melahap makanan dalam porsi besar dalam satu kali makan namun ada pula yang tidak bisa mengonsumsi banyak makanan. Nah, porsi makan yang biasa Anda konsumsi juga mempengaruhi potensi terjadinya GERD dan bisa Anda kontrol untuk mencegah terjadinya GERD.

Ketika Anda mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar secara sekaligus, maka lambung akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut. Hal ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan Anda yang mengonsumsi makanan dalam porsi lebih sedikit walau dilakukan secara berulang. Kinerja lambung yang terlalu keras akan melemahkan otot katup esofagus bawah dan bisa berujung pada terjadinya GERD.

Hindari Konsumsi Minuman Berkafein
Minuman berkafein seperti teh atau kopi jadi minuman yang rutin diminum oleh kebanyakan orang. Bahkan beberapa orang tidak bisa lepas dari konsumsi minuman berkafein setiap harinya. Manfaat minuman berkafein yang bisa menjaga konsentrasi jadi alasan minuman yang satu ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang agar tetap produktif sepanjang hari.

Meskipun minuman berkafein punya manfaat untuk menjaga konsentrasi, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya setiap hari secara rutin. Sebab, apabila Anda terindikasi memiliki masalah di lambung, maka minuman berkafein jadi salah satu daftar hitam yang perlu dihindari. Konsumsi minuman berkafein bisa meningkatkan kadar asam di lambung dan berpotensi menghadirkan penyakit GERD. Oleh karena itu, hindari konsumsi minuman berkafein secara rutin terutama apabila Anda belum sempat mengisi perut Anda dengan makanan sebelumnya.


Share this article / Bagikan Artikel Ini! :