Cara Backup dan Restore SMS pada HP Android

WartaIptek.com - Bisa dibilang saat ini peran SMS untuk mengirim pesan sudah tergantikan oleh berbagai aplikasi percakapan seperti WhatsApp, BBM, LINE dan lainnya. Namun tak sepenuhnya SMS dilupakan karena di beberapa kondisi Anda masih tetap perlu menggunakannya.

Seperti layaknya pada aplikasi percakapan, pesan SMS yang Anda kirim ada kalanya memuat materi yang penting. Oleh karena itu sangat lumrah jika Anda berpikir untuk melakukan proses backup pada SMS. Sayangnya aplikasi SMS bawaan dari sistem (Messaging) tidak menyediakannya. Oleh karena itu kita memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk melakukan backup dan restore SMS, yakni SMS Backup & Restore yang dapat diunduh di Play Store.


Cara Backup dan Restore SMS

Cara Backup SMS
1. Proses penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah dan sesuai tujuannya. Hal ini dapat Anda lihat pada menu utama dengan tombol Backup dan Restore yang sudah jelas sesuai fungsinya. Klik tombol Backup. (Gb 1)


2. Selanjutnya muncul jendela opsi pengaturan backup pesan. Di sini Anda dapat memberikan nama file backup SMS, serta memilih opsi melakukan backup secara local (default adalah memory internal) atau juga mengunggah file backup ke cloud. Disarankan untuk melakukan unggah juga karena sebagai upaya pencegahan jika memory internal atau eksternal rusak. (Gb 2)


3. Jika terdapat SD card di gadget, maka disarankan untuk mengubah default backup lokal ke penyimpanan tersebut karena bermanfaat jika suatu saat Anda berpindah gadget. Akses menu Preferences>Backup Folder. Lalu pilih opsi kedua untuk menggunakan folder aplikasi sebagai default penyimpanan file backup, atau opsi ketiga untuk memilih sendiri folder di SD card. (Gb 3)


Cara Restore SMS
Restore
  1. Asumsi Anda sudah melakukan proses backup, maka proses restore pun dapat dilakukan. (Gb 4)
  2. Jika Anda berganti gadget, salin file backup ke dalam memory internal. Aplikasi secara otomatis akan mencari dan mengenali file backup. Jika tidak menemukannya, tap tombo "Use system browser" untuk mencarinya secara manual. (Gb 5)

Fitur Lain
Aplikasi SMS Backup & Restore tidak hanya menyediakan opsi backup dan restore saja. Terdapat fitur lain di dalam pengaturan aplikasi.
  1. Fitur pertama adalah proses backup terjadwal. Akses menu Preferences>Scheduled Backups. Yang perlu dicatat adalah fitur ini hanya dapat berjalan optimal jika Anda tidak memindahkan instalasi aplikasi ke SD card. Selanjutnya pilih waktu rutin aplikasi akan melakukan backup otomatis. (Gb 6)
  2. Fitur bermanfaat lainnya adalah mencari percakapan atau pesan tertentu. Cukup tap tombol "Search" di menu utama. Alternatifnya cari pesan secara manual dengan menekan tombol "View Backup." (Gb 7)

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :