MP3Tags, Aplikasi Ini Bisa Menambah Info Dalam Berkas MP3


WartaIptek.com - Dalam sebuah file mp3 terdapat beberapa informasi penting mengenai file tersebut yang terdiri atas judul, artis, album, tahun, komentar dan lain-lain. Informasi tersebut bisa hilang karena faktor konversi ke bitrate dan format yang berbeda. Lalu, bagaimana cara menambah info dalam berkas MP3.

Untuk menambahkan informasi ke dalam berkas MP3 dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Buka program MP3Tags, jika anda belum mempunyai program ini anda dapat men-download nya di https://www.mp3tag.de/en/download.html
Klik icon "Change Directory..." pada toolbar standar, pilih lokasi penyimpanan life MP3; klik Open untuk mengambil daftar file MP3 yang terdapat dalam folder tersebut.

Pilih sebagian atau seluruh file yang terdapat pada daftar file. Untuk menambahkan tag Title Anda dapat melakukannya secara otomatis dengan cara klik icon Filename - Tag (), pada kotak String Format ketik %title% untuk menempatkan judul secara otomatis. Klik OK untuk menerapkan.

Isi informasi yang akan disisipkan dalam file MP3 pada form yang terdapat di sebelah kiri program

Anda dapat menambahkan album art dengan cara klik kanan pada kotak yang bergambar CD > pilih menu Add Cover > Pilih gambar Album Art yang sesuai dengan berkas MP3 tersebut > Klik tombol Open.

Jika semua informasi sudah sesuai, klik menu File > Kemudian Klik sub menu Save Tag untuk menyimpan perubahan pada berkas MP3. Untuk mengujinya silahkan impor file MP3 tersebut ke dalam pustaka Windows Media Player, pada pustaka Windows Media Player akan terlihat Album, Artis, Judul dan lain sebagainya.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :