Harga Bitcoin Hari Ini, Seperti Apa Sih Karakteristik Bitcoin

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui atau bahkan belum pernah mendengar yang namanya Bitcoin? Bitcoin ini secara singkatnya merupakan sebuah sistem kas transaksi global yang terdesentralisasi. Lalu apa manfaat dari bitcoin ini? 

Pada saat melakukan sistem transaksi (jual, beli, transfer uang) tentunya harus ada pihak ketiga yang menjadi penengah, seperti Bank atau tempat transaksi lainnya. Setiap institusi penyedia jasa keuangan (termasuk Bank) tentunya akan memiliki buku akuntansi mereka. Dengan demikian, pastinya membutuhkan waktu, tenaga serta biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menjalankan proses transaksi tersebut. Itu sebabnya mengapa para customer dikenai biaya tambahan (charge). Sehingga dengan adanya Bitcoin bisa mengubah sistem buku-buku kas tersebut ke dalam satu sistem akuntansi global. Dengan demikain manfaat dari Bitcoin ini bisa mengurangi waktu dan biaya dalam proses transaksi. 

Perlu anda ketahui bahwa Bitcoin ini ditemukan oleh Satoshi Nakamoto, dimana sistem bitcoin ini dirancang yang bersifat open manner, artinya kode pemrograman tersebut bisa dilihat serta diperiksa oleh semua orang di dunia. Sehingga tidak ada rahasia yang tersembunyi dan pembuatannya itu tidak memiliki konflik kepentingan (conflict of interest).

Karakteristik Bitcoin
1. Bitcoin Sebagai Sistem Pembayaran
Saat ini semua transaksi bisa dilakukan secara online, sehingga anda bisa membeli sesuatu melalui shopping online yang ada di Indonesia, bahkan anda juga bisa membeli barang-barang dari shopping online yang ada di luar negeri. Karena Bitcoin merupakan mata uang digital dan satu sistem kas yang melakukan sinkronisasi di seluruh internet, maka semua orang bisa mengakses akun kas yang sama secara real time dimanapun mereka berada. Sehingga dengan menggunakan bitcoin ini, anda bisa melakukan transaksi seperti transfer uang tanpa ada hambatan (proses real time) dan tanpa biaya tambahan yang tinggi. Selain untuk transfer anda juga bisa membeli barang secara online, terima gaji, dan lain sebagainya. Dan naik turunnya harga bitcoin sangat tergantung dari banyak faktor, mulai dari volume hingga tingkat kepemilikan serta kepercayaan orang terhadap Bitcoin.

2. Bitcoin Sebagai Emas Digital
Jumlah emas yang ada di dunia ini terbatas dan langka. Selain itu, emas memiliki sifat lunak dan bisa dicairkan ke dalam bentuk unit-unit yang kecil. Misalnya, koin emas, logam mulia 1 gram dan lain sebagainya. Emas juga stabil tidak akan mengalami degradasi, mudah dikenali dan sulit dipalsukan. Bitcoin memiliki semua karakteristik yang sampa seperti emas, contohnya :
  • Jumlah Bitcoin sangat terbatas, yakni hanya ada 21.000.000 Bitcoin di dunia.
  • Bitcoin bisa dipecah menjadi unit-unit kecil tanpa kehilangan nilai unit tersebut, misalnya 1 Bitcoin = 100,000,000 Satoshi –unit terkecil dari Bitcoin, sama seperti emas. Anda bisa membeli kurang dari 1 Bitcoin.
  • Teknologi Bitcoin stabil dan tidak akan terdegradasi.
  • Sangat sulit dibuat Bitcoin palsu, karena adanya sistem Blockchain.
  • Anda bisa memindahkan Bitcoin kemanapun di dunia dalam hitungan menit saja, terlepas dari jumlah Bitcoin tersebut.

3. Bitcoin Mirip Internet
Karakter lainnya dari Bitcoin ini adalah seperti internet yang bisa digunakan oleh setiap orang. Dimana internet modern seperti sekarang ini didesain dalam sebuah sistem yang terbuka sehingga setiap orang bisa mengaksesnya sesuka hati. Selain itu, internet didesain “interoperable”, artinya internet yang digunakan di Indonesia tersambung dengan internet di negara lainnya. Dan Bitcoin juga bisa disebut “desantralisasi”, karena Bitcoin mirip internet yang tidak dimiliki oleh siapapun (tidak ada gate keeper). Maka dari itu, Bitcoin mendukung adanya “inovasi tanpa izin” yang memungkinkan semua orang berinovasi serta berkembang.

Bagaimana menarik bukan? Demikianlah artikel kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :