Cara Backup Aplikasi di Ponsel Android, Ikuti Langkah-langkahnya Di Sini

WartaIptek.com - Walau Anda tidak perlu takut aplikasi yang telah terbeli akan hilang karena dapat didownload dan diinstal lagi, tetapi yang malas adalah waktu untuk men-downloadnya. Oleh karena itu backup saja menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hasil backup akan diletakkan di SD card sehingga Anda tinggal melakukan restore saja untuk mengembalikan aplikasi.

Tetapi yang perlu dicatat, tidak sembarang aplikasi dapat melakukan backup aplikasi yang Anda beli, karena akan tercatat sebagai locked alias tidak dapat dibackup. Untuk aplikasi gratisan bisa saja, tetapi tidak untuk berbayar. Solusinya adalah menggunakan aplikasi Titanium Backup. Syarat utamanya adalah perangkat Anda sudah melalui proses root terlebih dahulu.

Berikut cara - cara backup aplikasi di ponsel Android yang cukup mudah dilakukan.
  1. Setelah menginstal Titanium Backup, tap tab Backup/Restore kemudian cari aplikasi yang akan dibackup, lalu tap aplikasi tersebut.
  2. Muncul sebuah jendela, tap tombol Backup!
  3. Jika aplikasi masih berjalan pada background, maka muncul saran untuk menutup aplikasi tersebut. Tap tombol OK.
  4. Kembali ke daftar Backup/Restore. Dapat dilihat di bawah aplikasi yang baru saja dibackup muncul informasi tanggal kapan proses aplikasi dilakukan. File backup akan disimpan pada SD card sehingga Titanium Backup akan menge-nalinya secara otomatis.
  5. Akses kembali tab Backup/Restore kemudian cari nama aplikasi yang sudah dibackup tadi lalu tap untuk memilih. Kali ini pilih opsi Restore. Maka aplikasi akan dikembalikan.
  6. Anda dapat melakukan pengaturan terkait backup, misalnya mengubah folder backup. Caranya adalah tap tombol Menu di perangkat, lalu pilih opsi Preferences.
  7. Scroll halaman ke bawah dan cari opsi "Backup folder location" di bawah opsi BACKUP SETTINGS.
  8. Secara default backup folder berada di dalam direktori storage/sdcardO-/TitaniumBackup. Anda dapat mengubahnya dengan menekan tombol Back lalu pilih folder yang diinginkan. Karena tidak ada opsi membuat folder baru di sini, maka Anda sebelumnya dapat membuat folder baru melalui aplikasi file manager.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :