SmartPower Bantu Komputer Hemat Energi dengan Konfigurasi Hibernasi

WartaIptek.com - Apakah komputer atau laptop Anda mengkonsumsi daya lebih dari yang harus dilakukan? Jika ya maka Anda harus menemukan solusi untuk masalah ini dan mengubah komputer/laptop Anda agar menjadi sebuah perangkat yang efesien konsumsi energi dan hemat daya.

Ada satu utilitas yang telah bisa membantu Anda mengurangi tagihan listrik Anda. SmartPower adalah utilitas gratis yang bisa membantu menghemat energi dan uang hanya dengan menggerakkan PC ke kondisi hibernasi bila tidak digunakan.

Ini memungkinkan Anda menghemat energi dan uang dengan hibernate dan melanjutkan komputer Anda sesuai dengan aturan yang dikonfigurasi. Jika komputer Anda tetap ON untuk waktu yang lama tetapi tetap menganggur, maka baiknya SmartPower harus Anda miliki. 

Tujuan utama dari software ini adalah untuk Turn Off / Hibernate / Sleep PC ketika tidak digunakan atau jika tidak mengkonsumsi banyak sumber daya. Anda dapat mengatur setup untuk SmartPower guna mematikan komputer sehingga dapat bekerja dan menghemat daya.

Setiap 60 detik SmartPower akan mencoba untuk hibernate / shutdown komputer Anda, tetapi di sini adalah konfigurasi yang dapat dibuat pada SmartPower yang akan menjaga komputer ON dan berjalan serta mencegah hibernasi :
  1. Jadwal: Fitur ini memungkinkan Anda mengatur timing/waktu bekerja untuk komputer. Anda dapat membuat waktu yang berbeda untuk setiap hari yang berbeda dan Anda bahkan dapat memilih untuk membangunkan komputer dengan start time. Perintah wake up akan memungkinkan jika komfiuter dalam Hibernate atau Sleep. Bila waktu berakhir maka komputer secara otomatis akan hibernasi / dimatikan . 
  2. Users : Fitur ini menyimpan dan menjalankan komputer ketika ada pengguna aktif, jika pengguna menjadi tidak aktif maka komputer tidak akan lagi berjalan. Anda dapat mengatur durasi dimana SmartPower harus menunggu setelah semua pengguna menjadi tidak aktif.
  3. Devices: Fitur ini memungkinkan Anda melacak perangkat lain yang terhubung pada jaringan. Anda dapat memasukkan alamat IP dari perangkat yang Anda ingin melacak dan jika perangkat tersebut menjadi tersedia maka SmartPower akan membuat PC Anda berjalan dan tidak akan mencoba untuk mematikan/hibernasi.
  4. Network: Dalam fitur ini Anda dapat memilih ambang jaringan dan komputer Anda akan aktif hanya ketika lalu lintas jaringan berada di atas ambang batas yang dipilih.
  5. CPU : Hal ini mirip dengan ambang batas jaringan. Anda dapat memilih ambang CPU dan komputer akan aktif hanya'jika penggunaan CPU di atas ambang batas.
  6. Proses: Dengan fitur ini Anda dapat mengaktifkan proses pelacakan pada Pcdan PC akan tetap ON jika ada proses yang Anda masukkan atau sedang berjalan.
  7. Power Requests: Fitur ini akan menjaga PC berjalan jika Power Request dibuat oleh perangkat lunak apapun. Power Request adalah bagian dari Sistem Operasi Windows.

Secara keseluruhan, perangkat lunak ini sangat baik dan fitur yang meyakinkan juga. Perangkat lunak ini dapat membantu Anda menghemat uang untuk tagihan listrik Anda. SmartPower baik untuk komputer kita karena hibernates. Bila Anda tertarik dengan aplikasi ini, bisa langsung mengunduhnya di https://www.techworld.com/download/system-desktop-tools/smartpower-160-3214167/

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :