Screenshoter, Cara Cepat Menangkap dan Menyimpan Screenshot

WartaIptek.com - Screenshoter adalah utilitas kecil yang memungkinkan Anda menyimpan screenshot secara langsung dengan menekan tombol Print Screen. Ini adalah penghemat waktu nyata karena biasnya orang membutuhkan banyak waktu saat membuat screenshot.

Screenshoter adalah utilitas sederhana, kecil dan portabel yang tersedia dan benar-benar bebas biaya alias gratis, juga tidak memerlukan instalasi. 

Untuk memulai Anda perlu mengunduh software kecil ini dan kemudian membuka file EXE utama. Sekarang setiap kali Anda akan menekan tombol print screen, gambar akan disimpan secara otomatis di lokasi tertentu.

Lokasi dapat diubah dan folder khusus juga dapat dipilih. Secara default penamaan dilakukan dengan angka tetapi Anda dapat mengubah pengaturan ini untuk tanggal dan waktu atau Anda dapat membuat program meminta Anda setiap kali tentang nama gambar. Ada tiga mode penangkapan pada perangkat lunak :
  • Full Screen : Jika diaktifkan perangkat lunak akan menangkap gambar layar penuh .
  • Window: Dalam modus ini, perangkat lunak akan hanya menangkap jendela aktif. 
  • Region : Dalam modus ini perangkat lunak akan menangkap hanya wilayah yang telah ditentukan atau area yang telah ditentukan layar.

Untuk mengambil screenshot Anda dapat mengklik tombol besar ‘Screenshot' pada jendela Screenshoter atau Anda dapat menekan tombol [Print Screen]. Perangkat lunak ini dapat menyimpan gambar dalam tiga format yang berbeda yakni PNG , JPEG dan BMP.

Anda bahkan dapat memilih kualitas gambar sesuai kebutuhan Anda dan juga ukurannya. Perangkat lunak ini juga memberi Anda pilihan untuk memasukkan kursor mouse untuk screenshot tetapi jika Anda tidak ingin ada kursor di screenshot maka Anda dapat menonaktifkannya.

Setiap screenshot yang diambil dengan perangkat lunak ini juga disalin ke clipboard tetapi Anda juga dapat menonaktifkan fitur ini jika Anda tidak ingin screenshot apapun untuk disalin ke clipboard.

Jendela Screenshoter selalu berada di atas tetapi Anda dapat mengubah pengaturan ini juga. Selain itu Anda dapat mengaktifkan modus kompak dan meminimalkan perangkat lunak untuk System tray.

Secara keseluruhan, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi screen capture yang baik. Jadi buat Anda setidaknya bisa memiliki aplikasi ini, apalagi bila sering mengambil screenshot. Cara ini akan menghemat waktu karena Anda tidak perlu menyalin screenshot untuk utilitas editing gambar dan menyimpannya sebagai gambar.

Bila Anda tertarik dengan aplikasi ini, Anda bisa langsung mengunduhnya di http://www.inspire-soft.net/software/screenshoter

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :