Bayi Diare? Atasi dengan Zinc

Kondisi bayi yang mengalami diare tentu sangat membuat sedih orangtua. Oleh karena itu perlu penanganan yang cepat dan tepat agar kondisi si kecil bisa segera pulih. Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare bisa menjadi cara penyembuhan diare pada bayi dan anak.

Ada banyak faktor penyebab diare pada bayi dan anak. Bisa karena bakteri, virus susu formula, maupun asupan makanan yang tidak tepat. Tapi umumnya memang disebabkan karena virus. 

Nah, sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya baca mengenai probiotik untuk kesehatan saluran cerna

Jika sudah dibaca, mari kita lanjutkan cara penanganan bayi dan anak yang mengalami diare. Langkah cepat yang bisa dilakukan adalah dengan memberi oralit sebagai pengganti cairan yang hilang. Memang perlu trik khusus agar anak mau meminumnya. Tapi dengan sedikit bujuk rayu, pasti orangtua bisa membujuk anak agar mau meminumnya. 

Oralit memiliki sejumlah cairan elektrolit yang berguna untuk mengganti cairan yang hilang ketika diare. Kemudian berikan pula zinc. Fungsuinya juga untuk menggantikan zinc yang lenyap saat diare. Kombinasi zinc dan oralit ini dipercaya bisa ampuh untuk mengatasi masalah diare anak. Keduanya juga boleh digunakan secara bersamaan. 

Mengingat pentingnya zinc, bahkan ketika diare si anak sudah sembuh, kita tetap wajib untuk memberikannya sampai 10 hari ke depan. Tujuannya agar diare itu tak mudah datang lagi. Tentu dosisnya harus sesuai usia anak. Nah, sekarang jadi paham kan pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare?

Memang sebagai orangtua banyak hal yang eprlu kita pahami. Tapi itu tentu semua demi kebahagiaan si kecil dan keluarga kita. Menjadi orangtua penuh perjuangan memang. Hal ini yang juga dilakukan oleh orang tua kita dulu kepada kita.  

Penting bagi orangtua mengetahui cara menjaga kesehatan keluarga. Paling tidak, ketika ada kondisi seperti anak mengalami diare, demam, maupun jenis penyakit lainnya, dengan segera kita bisa memberikan penanganan yang tepat. 

Banyak baca buku kesehatan, konsultasi ke dokter, dan rajin berdiskusi dengan sesama orangtua mungkin bisa menjadi cara agar kita bisa lebih meningkatkan pengetahuan kesehatan keluarga. Sehingga bukan hanya kita mengetahui fungsi probiotik untuk kesehatan saluran cerna, bahkan untuk hal-hal lainnya yang terkesan remeh, seperti bagaimana cara anak agar mau menggosok gigi sendiri maupun cara agar anak kecil mkau minum obat. 

Jadi sebagai orangtua tak perlu panik ketika anak sakit. Terapkan apa yang kita tahu dan selalu siap untuk berkonsultasi dengan dokter anak terdekat.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :