Info Baru
Loading...

3 Cara Mencegah Penuaan Diri yang Terbukti Ampuh

WartaIptek.com - Faktor lingkungan dan faktor dari dalam diri sendiri bisa mempengaruhi terjadinya penuaan dini pada kulit. Pencegahannya pun bisa dilakukan dari mengelola hal di dalam diri sendiri maupun dari luar.

Menurut Helena Eka Putri, dokter spesialis kulit dan kelamin RS Melinda, penuaan dini bisa terjadi karena faktor intrinsik, yaitu secara genetik ataupun hormonal. Ada keturunan genetik tertentu yang membuat proses penuaan lebih cepat terjadi dibandingkan dengan orang lain seusianya.

Selain itu, ada pula faktor ekstrinsik yang berasal dari radikal bebas yang muncul dari polusi. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga merupakan faktor penyebab penuaan kulit. Misalnya, kebiasaan merokok, pola makan tidak sehat, pola istirahat tidak sehat, serta paparan sinar matahari berlebihan tanpa pengamanan.

Bila faktor instrinsik itu tidak bisa dihindari, faktor ekstrinsik masih bisa dicegah. Gaya hidupnya harus lebih sehat, lalu konsumsi suplemen antioksidan serta menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari sinar UV (ultra violet) yang berat.

Sementara itu untuk memilih tabir surya, pastikan itu mengandung SPF dan PA yang bisa dilihat dalam kemasannya. SPF bermanfaat untuk melindungi kulit dari UV B, sedangkan PA untuk melindungi kulit dari UV A.

Untuk sehari-hari, gunakan tabir surya yang mengandung minimal SPF 30. Tabir surya itu pun harus digunakan setiap 4-6 jam sekali. Pengolesannya pun jangan tertalu tipis karena nanti tidak efektif melindungi kulit.

Sekedar informasi, paparan UV A dan UV B selain bisa mengakibatkan kanker kulit, juga merusak kulit. Misalnya, UV A yang membuat kulit cepat menghitam, UV B membuat kulit memerah dan akhirnya menimbulkan pigmentasi. [Vebertina Manihuruk/PRM]