Info Baru
Loading...

Inilah 5 Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan Mudik Lebaran

Berapa jauh jarak yang telah ditempuh kendaraan roda empat Anda selama mobil kesayangan tersebut dipakai untuk liburan atau tugas ke luar kota? Agar performa selalu terjaga membawa mobil ke bengkel Toyota atau semacamnya untuk diperbaiki amat dianjurkan sesudah mobil dipergunakan untuk perjalanan yang jauh.

Mudik Lebaran dengan menggunakan mobil pribadi sampai sekarang masih menjadi alternatif favorit kebanyakan pemudik. Alasannya simpel, biasanya pemudik merasa lebih bebas untuk mengunjungi sanak family di kampung halaman bila membawa mobil sendiri. Disamping itu, masih favoritnya mobil selaku moda transportasi mudik pun diindikasikan dengan naiknya penjualan mobil bekas menjelang Idulfitri.

Sesudah Anda bawa lari menempuh jarak jauh ketika liburan, tugas keluar kota atau bahkan mudik lebaran tahun lalu, bukan mustahil ada suku cadang atau komponen yang mengalami keausan sehingga mobil butuh diperiksa dengan cara menyeluruh. Pemeriksaan dilakukan untuk mempertahankan kondisi mobil agar tetap prima dan tentu saja demi keselamatan Anda beserta keluarga.

Berikut 5 hal yang harus diperiksa sebelum perjalanan mudik lebaran
Periksa suspensi
Setelah melakukan perjalanan jauh dianjurkan untuk memeriksa bagian suspensi mobil, seperti gardan, as roda, shock breaker, dan komponen lainnya. Bila ada suku cadang/komponen yang sudah rusak, secepatnya diganti agar komponen yang rusak tidak mempengaruhi kerusakan pada komponen lainnya bila tidak secepatnya diganti.

Periksa ban dan velg
Pemeriksaan ban dan velg tidak kalah pentingnya untuk Anda lakukan. Urusan ban dan velg memang seolah-olah kelihatan remeh, apalagi untuk mereka yang memakai jenis ban tubeless. Pemakaian ban tubeless kadangkala menyebabkan sebagian orang tidak hati-hati dengan kondisi ban mereka lantaran lubang halus umumnya tidak terasa dengan pemakaian ban itu. Makanya, periksa ban dan velg setelah melakukan perjalanan jauh atau sebelum mudik. 

Selanjutnya lakukan spooring dan balancing untuk memulihkan stabilitas mobil setelah perjalanan jauh. Tidak cuma memulihkan keseimbangan mobil, spooring dan balancing juga akan mengembalikan kenyamanan Anda dalam berkendara seperti semula.

Periksa kondisi kampas rem dan kopling
Rem dan kopling merupakan komponen yang ikut terpengaruh dengan medan jalur mudik Jalanan menurun, menanjak sampai tingkat kepadatan lalu lintas di jalan berpengaruh sekali terhadap rem dan kopling kendaraan Anda. Cepat ganti bila rem/kopling telah memperlihatkan gejala aus. Jangan sampai keselamatan menjadi taruhan.

Periksa oli mesin dan oli transmisi
Menguras dan mengganti oli mobil usai perjalanan jauh merupakan ritual wajib yang mesti dilakukan. Cara berkendara, faktor lingkungan, jarak tempuh, jenis medan jalan dan beban yang dibawa mobil akan berpengaruh pada usia oli mobil Anda.

Gantilah oli mobil di bengkel langganan Anda atau panggil mekanik profesional dari bengkel online untuk mencegah risiko oknum nakal yang mempergunakan oli palsu terhadap mobil favorit Anda. 

Bersihkan interior dan eksterior
Bepergian bersama keluarga besar ketika liburan atau mudik tentu akan meninggalkan berbagai kotoran di dalam mobil yang dapat mendatangkan semut dan serangga. Guna mendukung kenyamanan berkendara sesudah di-service dan Anda memiliki cukup dana, masukkanlah mobil Anda ke salon mobil untuk dibersihkan secara keseluruhan.

Kendaraan itu layaknya pacaran. Anda jangan cuma punya karena butuh dan suka saja, namun mesti dirawat dan dijaga secara baik agar dia betah bersama Anda dan hubungan Anda serta mobil Anda pun awet.