Masalah Stok yang Sering Terjadi dalam Bisnis Online dan Solusi Permasalahannya


Bisnis online saat ini sedang ramai-ramainya. Selain kemudahan akses melalui internet, jangkauan pasarnya pun jauh lebih luas. Ada 3 hal yang harus diperhatikan demi keberhasilan bisnis online Anda, yaitu kualitas produk, teknik pemasaran yang tepat, dan cara mengelola stok barang (inventaris).

Pebisnis online biasanya memiliki stok barang dan menginginkan pengelolaan yang rapi. Masalah-masalah yang sering terjadi jika salah dalam mengelola stok, diantaranya:
1. Terjadinya kelebihan stok
2. Terjadinya barang expired
3. Terjadinya kesalahan order
4. Bisnis online Anda akan mengalami kerugian.

Contoh sederhana, jika kita mengelola sebuah website yang jual jam tangan online yang menjual berbagai merek dan tipe jam tangan original, poin nomor 3 (yaitu salah order) sangat rentan terjadi, dikarenakan tipe dan spesifikasi yang begitu beragam namun mirip-mirip. Jika stok jam tangan Anda tidak dipiilah-pilah secara rapih dan jumlah stok tidak diupdate secara berkala, salah order sangat mungkin terjadi dan konsumen pun kecewa.

Solusi yang perlu dilakukan untuk menghindari masalah-masalah stok, meliputi:

1. Membuat Perhitungan dan Pencatatan Stok Barang 
Hal ini dilakukan agar jumlah ketersediaan stok dapat diketahui. Dengan membuat perhitungan dan pencatatan ini Anda bisa mengatur jumlah minimum stok barang di gudang dan menjadi acuan saat pemesanan barang. 

2. Mempekerjakan Tenaga Ahli (Accounting)/Mengikuti Kursus Akuntansi
Dalam dunia akuntansi, masalah stok menjadi bagian dari stock opname. Stock opname adalah kegiatan perhitungan persediaan barang dagangan yang berada di dalam toko atau gudang. Dengan demikian, tugas seorang accounting adalah melakukan perhitungan stok. 

Untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam perhitungan, sebaiknya jangan pernah melakukan perhitungan sendiri. Gunakan jasa seorang accounting. Atau jika Anda bersikeras ingin melakukannya sendiri, sebaiknya Anda perlu mengikuti kursus akuntansi.

3. Menerapkan Sistem FIFO (First In First Out)
Maksudnya memberlakukan sistem dimana barang yang pertama kali masuk ke gudang maka barang itu pula yang harus keluar pertama kali. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya barang expired.

4. Gunakan Software yang Dapat Membantu Anda dalam Mengelola Stok Barang
Walaupun terlihat mudah, tapi diperlukan ketelitian untuk membuat data yang benar dan akurat. Tetapi Anda tidak perlu merasa khawatir, kini sudah tersedia berbagai macam aplikasi dan software untuk membantu dalam mengelola stok.

Sebuah inventory management software yang baik dan efektif harus memiliki fungsi-fungsi vital seperti mengelola inventory di beberapa gudang di beberapa lokasi, pengecekan stok opname dan kalkulasi otomatis selisih stok yang terjadi, berbagai metode costing & evaluasi, laporan penilaian inventaris secara berkala, pengecekan pengiriman, penerimaan barang & pengaturan catatan pengembalian, hingga integrasi barcode. 

Beberapa fitur software inventory lainnya bisa dibaca disini: https://www.hashmicro.com/id/inventaris

Dengan mempelajari 4 solusi dalam mengatasi masalah stok barang, mengelola stok barang tidak akan menjadi masalah dan membuat pebisnis online menjadi stres. Dan pada akhirnya, bisnis online Anda menjadi terorganisasi, rapi, mudah, dan berjalan tanpa hambatan.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :