Info Baru
Loading...

Cara Memaksimalkan Windows Defender untuk Perketat Keamanan Jaringan dari Bahaya Malware


WartaIptek.com - Di masa lalu, produk ini telah memiliki reputasi yang buruk dan untuk alasan yang baik hal itu sangat terbatas dalam kemampuannya untuk melindungi komputer Anda dari malware. Namun, versi terbaru yang sudah termasuk dalam sistem operasi Windows 8, jauh lebih berbeda daripada di masa lalu dan memberikan perlindungan nyata untuk para penggunanya. Yang menyenangkan tentang Windows Defender dalam inkarnasi saat ini, adalah bahwa software ini berfungsi melindungi sistem Anda dari awal, sehingga tidak pernah ada kesenjangan dalam cakupannya sebagai sekuritas sistem.

Saya akan memulainya dengan menjelaskan apa Windows Defender di Windows 7 dan Vista yang berbeda di Windows 8, dan produk apa yang digunakan jika Anda menggunakan versi sebelumnya. Selanjutnya akan dibahas bagaimana menggunakan Windows Defender, bagaimana meningkatkan pengaturan default, dan bagaimana menghadapi peringatan yang akan ditampilkan.

Apakah Windows Defender itu?

Sayangnya, tidak ada satu jawaban yang jelas untuk pertanyaan ini karena merupakan cara membingungkan dari pihak Microsoft yang telah memilih untuk nama produk keamanannya tersebut. Windows Defender adalah produk yang berbeda, tergantung pada sistem operasi Windows yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan Windows Vista atau Windows 7, maka Windows Defender adalah alat keamanan yang melindungi komputer Anda dari spyware. Ini adalah salah satu bentuk malware yang terbuat dari tools dan aplikasi yang memantau gerakan Anda di Internet atau kegiatan yang Anda lakukan di komputer Anda.

Spyware cenderung mengirim informasi yang dikumpulkan ke server asing dan kemudian digunakan dalam semua jenis tujuan jahat, dari menampilkan iklan yang tidak Anda inginkan, menggunakan data pribadi Anda, dan lain - lainnya.

Namun, ada banyak jenis malware di Internet dan versi Windows Defender tidak dapat melindungi pengguna dari salah satu dari mereka. Itu sebabnya, jika Anda menggunakan Windows 7 atau versi sebelumnya, sangat disarankan agar Anda menonaktifkan Windows Defender dan menginstal produk keamanan yang lebih lengkap seperti Microsoft Security Essentials, atau produk keamanan pihak ketiga dari vendor keamanan khusus.

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 8, maka Windows Defender adalah hal yang sama seperti Microsoft Security Essentials: produk keamanan yang layak yang melindungi komputer Anda secara real time dari virus dan spyware. Fakta bahwa produk ini melindungi komputer Anda dari virus juga, bukan hanya dari spyware, membuat perbedaan besar. Jika Anda tidak ingin membayar untuk produk keamanan, Windows Defender pada Windows 8 dan Microsoft Security Essentials (di Windows 7 atau versi sebelumnya) adalah alternatif yang paling baik.

Windows Defender pada Windows 8 dan Microsoft Security Essentials adalah produk yang sama, hanya nama mereka berbeda. Dalam pembahasan ini, kita akan menggunakan versi Windows Defender dari Windows 8 tetapi instruksi ini berlaku juga untuk Microsoft Security Essentials (MSE) di Windows 7 dan Windows Vista.

Cara Menggunakan dan Konfigurasi Windows Defender

Menggunakan Windows Defender (MSE) adalah sangat mudah digunakan. Untuk memulai, mencari “defender” pada layar ‘Start’ Windows 8 dan klik atau tekan “Windows Defender” pada hasil pencarian.

Pada Windows 7, mencari “security” di kotak pencarian Start Menu dan klik “Microsoft Security Essentials.”

Windows Defender memiliki empat tab yang memberikan Anda akses ke alat-alat dan pilihan berikut:

Home - di sini Anda dapat melihat status keamanan sistem Anda. Jika semuanya baik - baik saja, maka akan berwarna hijau. Jika ada beberapa peringatan yang perlu dipertimbangkao, maka akan berwarna kuning, dan jika ada anca-man yang harus ditangani, semuanya akan berwarna merah.

Di sisi kanan “Home” tab Anda akan menemukan pilihan untuk memindai komputer Anda untuk virus dan spyware. Pada bagian bawah tab Anda akan menemukan informasi tentang kapan pemindaian terakhir dilakukan dan apa jenis pe-mindaian itu.

Update - sini Anda akan menemukan informasi apakah produk ini adalah ‘up-to-date’. Anda akan belajar ketika terakhir diperbarui dan versi definisi itu adalah menggunakan. Anda juga dapat memicu update manual.

History - di sini Anda dapat mengakses item yang dikarantina, melihat item yang telah Anda diperbolehkan untuk berjalan pada PC Anda, bahkan jika mereka diidentifikasi sebagai malware oleh Windows Defender, dan melihat daftar lengkap dengan semua item berbahaya Windows Defender telah terdeteksi pada PC Anda. Untuk mengakses semua daftar ini dan bekerja dengan mereka, Anda harus masuk sebagai administrator.

Settings - ini adalah tab di mana Anda dapat mengaktifkan layanan perlindungan real-time, mengecualikan file, jenis file, proses, dan lokasi dari scan serta akses beberapa pengaturan yang lebih maju. Satu - satunya perbedaan antara Windows Defender pada Windows 8 dan Microsoft Security Essentials (di Windows 7 atau versi sebelumnya) adalah bahwa, dalam tab “Settings”, Microsoft Security Essentials memungkinkan Anda untuk mengatur kapan harus menjalankan scan yang dijadwalkan, dan Windows Defender tidak memiliki opsi ini. [ Sumber : mamanmalmsteen.blogdetik.com ]