Info Baru
Loading...

Kiat Mengatasi Motor Matik Mati Mendadak


WartaIptek.com - Mungkin di antara pengguna motor matik pernah mengalami hal yang menjengkelkan saat berkendara yakni motor matik kesayangan Anda itu tiba-tiba ngadat alias mati dan tidak jelas apa penyebabnya. Pastinya Anda akan merasa sedikit waswas dan bingung apabila hal tersebut terjadi pada diri Anda, apalagi jika lokasinya jauh dari perkampungan, malam hari pula. Seram, kan?

Lalu, apa sih yang jadi penyebab motor matik Anda tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan lagi? Sebenarnya ada tiga hal yang menjadi penyebab motor matik mati mendadak yaitu kehabisan bahan bakar, masalah pada bagian kelistrikan, dan kompresi mengalami kebocoran.

Untuk masalah pertama, cara mengatasinya tinggal mengisi kembali bahan bakar. Sementara untuk masalah kedua yakni sistem kelistrikan, solusinya.dengan memeriksa kondisi air dan busi. Ganti busi jika lentikan apinya berwarna sedikit kebiruan mengingat sistem kelistrikan merupakan nyawa bagi motor matik dengan teknologi injeksi. Jadi sudah sewajarnya untuk mendapat perhatian dalam hal perawatan.

Namun, dari banyak kasus, rupanya masalah pada kompresi yang mengalami kebocoran adalah masalah yang paling sering dialami oleh pengguna matik injeksi. Lalu, bagaimana cara mengatasi motor matik yang mengalami masalah mati mendadak yang disebabkan oleh kompresi yang mengalami kebocoran?

Hal pertama yang haras Anda lakukan yakni jangan terlalu panik dan segera tepikan motor ke pinggir jalan dan kemudian parkirkan motor di tempat aman dengan gunakan standar tengah.

Kedua, matikan mesin dengan memutar kunci kontak ke posisi "off" sebentar, lalu pastikan tidak ada masalah dengan sistem injeksinya. Caranya adalah dengan memutar kunci kontak ke posisi "on". Setelah itu, perhatikan apakah terdengar bunyi "ngiiing" pada sistem injeksi atau tidak? Jika kondisi sistem injeksi tidak bermasalah maka akan keluar suara "ngiing" di sistem injeksi di bagian samping kiri jok. Bila pemeriksaan sistem injeksi tidak bermasalah bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya.

Hal ketiga yang harus Anda lakukan adalah dengan membetot gas secara penuh beberapa saat dan jangan dilepas.

Keempat, coba starter motor dengan kombinasi antara kick starter dan starter elektrik secara bergantian. Langkah ini sebaiknya dilakukan beberapa kali hingga motor kesayangan Anda itu dapat kembali menyala seperti sedia kala. 

0 Response to "Kiat Mengatasi Motor Matik Mati Mendadak"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.