Info Baru
Loading...

Inilah Arti Penting Angka Nol


WartaIptek.com - Coba bayangkan jika angka di dunia ini hanya ada sembilan, yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, tanpa angka nol (0). Tentu tidak akan ada yang namanya misalnya angka puluhan, ratusan, ribuan dan jutaan.

Angka 0 atau dalam bahasa Inggris disebut zero berasal dari bahasa Arab "sifr". Artinya "kosong" sehingga angka 0 sering diartikan sebagai ketiadaan atau kekosongan.

Walau memiliki makna kosong, angka nol memainkan peranan penting dalam matematika sebagai identitas tambahan bagi sistem bilangan. Angka nol berguna pula untuk memaknai dan menilai berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari.

Selain fungsinya yang penting, angka nol juga punya sejarah yang panjang. Anda pasti bertanya-tanya, dari mana tiba-tiba angka ini muncul? Siapa penemunya?

Anda tidak akan menyangka bahwa angka nol pertama kali diperkenalkan oleh ilmuwan asal Uzbekistan yang bernama Abu Ja'far Muhammad bin Musa al-Khawarizmi. Dia dikenal sebagai Bapak Aljabar.

Dari hasil penelitiannya pada sistem perhitungan Hindu (India), Al-Khawarizmi memperkenalkan penggunaan bilangan nol ini sebagai nilai tempat dalam basis sepuluh. Sistem ini disebut sebagai sistem bilangan desimal.

Sebelum Al-Khawarizmi memperkenalkan angka nol, para ilmuwan menggunakan semacam daftar untuk membedakan satuan, puluhan, ratusan, ribuan. Daftar yang dikenal sebagai abakus ini berfungsi menjaga setiap angka dalam bilangan agar tidak saling tertukar dari tempat atau posisinya dalam hitungan.

Seiring dengan diperkenalkannya angka nol oleh Al-Khawarizmi melalui buku karangannya yang berjudul Ringkasan Perhitungan Aljabar dan Perbandingan, untuk pertama kalinya nol digunakan sebagai pemegang tempat dalam notasi berbasis posisi.

Anda, kini sudah tahu kan siapa penemu angka nol ini? Tentunya perlu berterima kasih kepada ilmuwan yang satu ini. Melalui angka nol yang diperkenalkannya, Anda bisa membedakan bilangan 2017 dan 217. 

0 Response to "Inilah Arti Penting Angka Nol"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.