Info Baru
Loading...

7 Startup Program Managers, Utility Ampuh untuk Percepatan Booting Komputer/Laptop

WartaIPTEK.com - Startup Managers (juga dikenal sebagai tool Setup / Konfigurasi) memungkinkan Anda untuk mendapatkan kontrol, review dan mengkonfigurasi layanan dan program yang berjalan dengan Windows. Juga memungkinkan Anda untuk melihat dan mengelola program-program yang otomatis berjalan ketika Windows bekerja. Meskipun mungkin untuk melakukan ini dalam Windows, banyak perangkat lunak yang tersedia secara online yang pasti lebih mudah digunakan dan menyediakan pengguna dengan informasi dan fasilitas tambahan, memberikan lebih banyak fungsi untuk mempermudah pekerjaan dengan cepat. 

Di bawah ini adalah beberapa tool Startup Manager pilihan buat Anda.

1. Autoruns
Autoruns adalah aplikasi freeware yang tersedia di website Microsoft, ia mampu melihat dan mengetahui lokasi autostart dari monitor startup dan memperlihatkan kepada Anda daftar atau program yang dikonfigurasi untuk menjalankan saat bootup, dalam urutan proses Windows.

Autoruns dapat dikonfigurasi untuk menampilkan lokasi lain seperti explorer, ekstensi shell, toolbar, dll, sehingga memberikan fungsi luar utilitas msconfig yang datang dengan beberapa versi Windows. 

2. Startup Delayer
Startup Delayer adalah aplikasi yang mengklaim mampu memberikan Anda kekuatan untuk mengoptimalkan proses startup Anda dengan menunda aplikasi yang startup segera setelah PC melakukan booting.

Dengan demikian, PC bisa boot lebih cepat menjalankan aplikasi yang membutuhkan waktu lama. Setelah komputer sepenuboya boot dan pada posisi idle, aplikasi startup akan dijalankan, sehingga menghemat waktu yang dibutuhkan oleh PC untuk mencapai keadaan kondusif saat digunakan. Apa lagi Anda dapat membuat profil terpisah untuk digunakan dalam situasi yang berbeda, contoh untuk rumah dan kerja. 

3. WhatIn Startup
WhatIn Startup adalah sebuah aplikasi yang menampilkan daftar aplikasi startup dengan informasi tentang jenis startup, command-line, nama produk, versi file, lokasi di registri dll. Ini memungkinkan Anda untuk melihat, menambah dan menghapus / menonaktifkan program pada daftar startup. Ia memiliki fitur 'permanent disabling' yang dapat mendeteksi program yang telah kembali ditambahkan sendiri ke daftar startup setelah dinonaktifkan, dan menonaktifkan itu lagi secara otomatis. Dengan demikian, hal ini akan menghemat tugas dan terus-menerus menonaktifkan program yang hanya akan bekerja jika Anda kembali boot. 

4. Quick Startup
Quick Startup adalah aplikasi startup manager yang sederhana yang dirancang khusus untuk mempercepat boot Windows, dengan menunda startup secara simultan dari program tertentu, atau menghapus program yang tidak perlu yang menggunakan resource untuk memulai sendiri, sehingga meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk OS saat startup. 

Aplikasi ini pada dasarnya mengatur program auto-start dan membebaskan resource yang cukup untuk sistem boot, sehingga membuatnya gegas dan meningkatkan kinerja. Fitur terbaik dari aplikasi ini membuat tool ini tepat untuk digunakan oleh pengguna pemula yang mungkin tidak tahu mana program auto-start yang diperlukan dan mana yang tidak.

5. Startup Control Panel
Startup Control Panel adalah sebuah applet freeware yang cerdas yang memungkinkan Anda untuk memilih program mana yang berjalan ketika PC Anda startup. Tool ini cukup mudah digunakan dan menjadi sebuah aplikasi kecil tersendiri, tidak akan membebani sistem dengan mengambil sumber daya untuk berjalan sendiri, sehingga membuatnya menjadi tool yang berharga untuk sistem administrator. Antarmuka tab-nya polos, menawarkan bagian-bagian untuk aplikasi dan registri kunci yang dijalankan pada startup. 

6. Chameleon Startup Manager
Chameleon Startup Manager adalah salah satu tool terbaik untuk melihat, memantau dan mengendalikan item startup. Tool ini portabel, ketika dijalankan, mampu memberikan daftar lengkap dari semua program yang dikonfigurasi berjalan ketika Windows startup. 
Chameleon Startup Manager Lite membantu mempercepat Windows startup dengan menonaktifkan program startup, sesuai kebutuhan Anda. Juga memberi Anda kontrol penuh atas pemilihan program, yang harus dan seharusnya tidak diperbolehkan untuk menjalankan secara otomatis saat startup, dengan menyesuaikan pengaturan.

Chameleon Startup Manager juga menawarkan pengaturan konfigurasi lanjutan, di mana Anda dapat mengubah item pengaturan dan juga menambahkan parameter loader, sesuai kebutuhan Anda. Tool ini akan membantu Anda memutuskan apakah Anda ingin mempertahankan status startup atau menonaktifkan atau menghapusnya.

7. Msconfig
Microsoft System Configuration pertama kali muncul kembali pada tahun 1998 yang dijalankan pada Windows 98. Windows dan menjadi built-in standar, Msconfig adalah utilitas sederhana untuk mengelola beberapa konfigurasi startup yang berhubungan dengan kunci, termasuk jasa yang memulai dan aplikasi yang dijalankan ketika Windows boot. 

Lebih dari sekedar berbalik dan mematikan dengan kotak centang, Anda tidak akan  menemukan banyak pemberitahuan, tapi msconfig disertakan dalam setiap versi Windows. Sangat mudah untuk digunakan dengan cara mengetik "msconfig" di run dialog (Win + R) dan centang item yang tidak ingin mulai pada saat startup.

0 Response to "7 Startup Program Managers, Utility Ampuh untuk Percepatan Booting Komputer/Laptop"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.