Info Baru
Loading...

Cara Penggunaan Google Sheets di Perangkat Android

WartaIPTEK.com - Untuk mengolah data dengan basis label sebagian besar orang pasti mengaitkannya dengan aplikasi Microsoft Excel. Berbicara mengenai perangkat Android, maka salah satu aplikasi yang menawarkannya adalah Google Sheets.

Jika dibandingkan dengan Microsoft Excel maka Google Sheets dapat menjadi pesaing yang kuat dalam ranah mobile karena terhubung dengan layanan Google Drive. Mengartikan Anda dapat bekerja sekaligus menyimpan file pekerjaan secara cloud sehingga dapat mengaksesnya dimana saja, baik itu menggunakan gadget ataupun PC. 

Secara dasar, Google Sheets tak jauh berbeda dengan Microsoft Excel. Warta Iptek akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara membuat formula dari awal, berikut juga dengan mencoba beberapa fungsi matematika dasar.


Menambahkan Data
Tentunya hal pertama yang perlu dilakukan adalah menginputkan data yang akan digunakan untuk contoh. Untuk contoh ini digunakan serangkaian data yang diinputkan dalam cell A1 sampai A5. Untuk menginputkannya, tap boks fx dan ketikkan angka. Tekan Enter untuk berpindah langsung ke cell berikutnya. Setelah selesai, tap tanda centang di sudut kiri atas.

Formula Dasar
Mari kita coba untuk menggunakan formula dasar, dalam hal ini menjumlahkan angka yang ada di 2 buah cell. Misal kita akan menambahkan angka di dalam cell A1 dan A3, hasilnya akan ditampilkan di cell A7. Untuk itu tap cell A7, lalu inputkan formula "-A1+A3" di boks fx. Dapat dilihat cell A1 dan A3 terlihat terseleksi. 

Lihat Hasil Formula
Tekan tombol centang dan dapat dilihat hasil penjumlahan akan ditampilkan pada cell A7. Jika suatu saat Anda memilih cell tersebut, maka pada boks fx muncul formula yang sebelumnya telah Anda inputkan. Dengan begitu secara tak langsung Anda dapat mengetahui dari mana angka tersebut dihasilkan. Menariknya adalah saat Anda menginputkan cell, ditampilkan pula macam-macam operator matematika di layar, sehingga tak perlu mengetikkannya via keyboard.

Formatting Cell
Untuk membedakan antara data dengan hasil, Anda dapat menggunakan fasilitas formatting pada cell. Misalnya untuk hasil perkalian sebelumnya, kita akan menampilkannya dengan warna dan teks yang berbeda. Tap cell C1, lalu tap ikon 'A' di toolbar. Pada tab TEXT, Anda dapat mengaplikasikan teks bold (B) dan memberikan warna pada bagian Text color.

Melihat Daftar Fungsi
Untuk daftar fungsi apa saja yang didukung oleh Google Sheets, Anda dapat melihatnya. Tap ikon fx dan Anda akan dibawa ke halaman Insert function. Fungsi yang sebelumnya telah digunakan akan ditampilkan di atas sendiri. Banyak sekali fungsi yang tersedia di sini, dan semuanya dikelompokkan dalam kategori tertentu. Tap tiap kategori untuk melihat fungsi apa saja yang dibawa. Setelah memilih fungsi, maka akan langsung dapat digunakan.

Memberikan Border
Untuk membuat sebuah tabel, tentunya Anda memerlukan garis pembatas untuk membedakannya dengan tabel lain. Garis (border) ini dapat diaplikasikan dengan cara seleksi seluruh area yang akan termasuk dalam tabel, kemudian tap ikon 'A' di toolbar. Tap tab CELL, lalu tap opsi Border dan pilih tipe yang diinginkan berikut dengan warnanya.

Mencoba Formula Lain
Tak hanya penjumlahan, Anda juga dapat mencoba untuk menggunakan operator lain. Untuk contoh ini kita akan mencoba untuk mengalikan angka yang ada di cell A1 dengan B1, dan hasilnya akan ditampilkan pada cell C1. Tap cell C1, lalu inputkan formula "=A1*B1" di boks fx.

Menggunakan Fungsi Dasar
Jika mencari total jumlah dari beberapa cell sekaligus, gunakan bantuan dari fungsi SUM. Saat berurusan dengan cell lebih dari satu, disarankan bagi Anda untuk menggunakan fungsi seperti ini. Tak hanya fungsi dasar operator matematika, terdapat fungsi lain seperti pada Microsoft Excel.

Menambahkan Note
Saat melakukan sebuah perhitungan, Anda bisa saja memberikan sebuah catatan kecil agar tidak lupa. Cukup tap dan tahan cell, lalu pilih opsi NOTE. Kemudian inputkan catatan yang akan Anda berikan pada cell tersebut. Cell yang memiiiki catatan/note akan memiliki ikon segitiga kecil di dalamnya.
Berikan Nama Pekerjaan
Secara default, nama file adalah "Untitled spreadsheet." Bayangkan jika Anda memiliki banyak nama file ini di dalam daftar aplikasi tanpa mengetahui apa isinya. Setelah selesai bekerja, tap ikon tiga titik berjajar di samping kanan nama spreadsheet, ubah namanya dengan opsi Rename. 

0 Response to "Cara Penggunaan Google Sheets di Perangkat Android"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.