Info Baru
Loading...

Cara Memperbaiki Flash Player yang Crash pada Google Chrome

WartaIPTEK.com - Bagi sebagian orang, Google Chrome adalah browser yang digunakan sebagai default di PC atau laptopnya. Akan tetapi terdapat beberapa masalah dengan Chrome dimana pengguna tidak dapat mendapatkan solusinya untuknya. Salah satunya adalah Flash Player yang crash secara acak tanpa alasan yang jelas. Hal ini sering terjadi ketika Anda memutar video yang memerlukan fungsi Shockwave Flash Player.

Untuk informasi, Chrome versi terbaru dibekali dengan Flash Player dengan versi yang telah dimodifikasi. Sebagian besar orang akan men-download dan menginstal Flash Player dari website Adobe yang tersedia untuk semua aplikasi, termasuk Chrome.

Masalah yang terjadi adalah Flash Player versi modifikasi bawaan Chrome ini akan berjalan berdampingan dengan Flash Player dari Adobe. Saat keduanya berjalan bersamaan, maka muncul konflik plugin yang membuat browser menjadi lambat, dan bahkan crash. Lantas, bagaimana cara memperbaiki Flash Player yang crash?


Jangan cemas, karena Anda dapat melakukan 2 hal di bawah ini untuk mengatasinya. 

Aktifkan Flash Player Sesuai Permintaan
Cara pertama adalah dengan menonaktifkan fitur Flash terlebih dahulu, kemudian mengaturnya agar hanya aktif saat diminta. Dengan begitu, video atau konten Flash lainnya hanya akan berjalan setelah Anda meng-kliknya. Untuk melakukan hal tersebut, ikuti langkah di bawah ini.

Pada address bars, ketikkan "chrome://settings/content" (tanpa tanda petik) kemudian tekan Enter. Anda akan langsung mengakses Content settings di menu pengaturan. Pilih opsi "Click to play" di bawah bagian Plugins. 

Setelah pengaturan tersebut dilakukan, maka sebuah placeholder akan ditampilkan di halaman website menggantikan konten Flash. Ketika Anda meng-klik placeholder tersebut, maka konten Flash akan aktif. Jika suatu saat terjadi crash, hanya tab tersebut saja yang mengalaminya, tidak browser secara keseluruhan.

Nonaktifkan Salah Satu Versi Flash Player 
Seperti yang telah dijelaskan di atas, crash terjadi ketika 2 buah Flash Player beda versi berjalan secara bersamaan. Solusi mudahnya adalah menonaktifkan salah satunya. Pada adress bar, ketikkan "chrome://plugins/" (tanpa tanda petik) lalu tekan Enter.

Jika Anda melihat teks "(2 files)" pada bagian Adobe Flash Player, mengartikan 2 versi Flash Player berjalan pada Chrome saat bersamaan. 

Klik link Details yang ada di sudut kanan atas untuk melihat isi dari bagian Adobe Flash Player. Setelah itu Anda pun dapat melihat 2 versi Flash Player yang terinstal. 

Nonaktifkan salah satunya, (disarankan untuk yang versi Adobe) sehingga nantinya Chrome hanya akan menjalankan satu saja. Klik link Disable di bawahnya.  

Restart Chrome dan browsing seperti biasa untuk mengecek apakah semua berjalan normal. Untuk memastikan tidak ada konflik pada Flash Player, ketikkan "chromed/conflicts/" (tanpa tanda petik) pada address bar, lalu tekan Enter. Jika Anda masih mendapatkan masalah crash, nonaktifkan kedua versi Flash Player untuk melihat plugin mana yang menyebabkan hal tersebut.

Nah, begitulah cara memperbaiki Flash Player yang crash pada Google Chrome browser. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Memperbaiki Flash Player yang Crash pada Google Chrome"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.