Info Baru
Loading...

6 Cara Cepat Mencari File, Kontak dan Aplikasi di Perangkat Android

WartaIPTEK.com - Saat ini kapasitas penyimpanan sebuah gadget sudah termasuk tinggi. Bahkan sudah mulai banyak orang yang menggunakan memory eksternal berkapasitas 64 GB ataupun 128 GB. Hal ini dikarenakan semakin besar juga ukuran dari berbagai file yang disimpan, khususnya file multimedia seperti video Full HD atau MP3.

Semakin banyak file yang disimpan, jelasnya semakin sulit juga untuk mencarinya. Oleh karena itu sangatlah tepat bila Anda mengelompokkannya ke dalam folder untuk mempermudah pencarian. Tetapi jika jumlah folder juga sudah semakin banyak, maka semakin sulit juga untuk mencarinya terlebih jika Anda lupa.


Untuk itu Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi bernama AndroSearch. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk melakukan pencarian berbagai konten yang tersimpan di dalam memory internal ataupun eksternal. Alhasil Anda yang sudah lupa dimana tempat menyimpan file penting tersebut dapat mendapatkannya dengan cepat.

Berikut ini 6 tahapan cara cepat mencari file, kontak dan aplikasi di perangkat Android.
  1. Saat pertama kali aplikasi dijalankan, maka AndroSearch akan melakukan proses indexing atau pengurutan berbagai file yang disimpan di dalam gadget. Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan pencarian file nantinya. Lama tidaknya bergantung dengan banyak file yang disimpan. 
  2. Setelah proses indexing selesai, maka Anda dapat melakukan pencarian file di dalam gadget. Yang perlu diperhatikan adalah aplikasi tidak hanya mencari nama file, tetapi juga metadata dari file tersebut. Dalam menu pengaturan, Anda dapat mengaktifkan opsi "Fuzzy Search" dan mengabaikan kesalahan penulisan nama file. 
  3. Kembali ke menu utama, Anda akan mendapatkan daftar dari berbagai file dan aplikasi yang baru saja Anda akses. Anda pun dapat mulai menginputkan konten yang akan dicari pada boks pencarian. Proses pencarian akan berjalan secara langsung, seperti ketika kata "Play" diketikkan maka berbagai file atau aplikasi seperti Google Play (mengandung kata "Play'di dalamnya) akan langsung ditampilkan. 
  4. Terdapat juga opsi untuk melakukan pencarian pada Google, Wikipedia, Dropbox dan bahkan Google Drive. Untuk pencarian Dropbox dan Google Drive dilakukan melalui browser. Terdapat opsi untuk menonaktifkannya pada menu pengaturan. Sebagai tambahan Anda juga dapat memilih folder tertentu agar diabaikan oleh proses pencarian.
  5. Hal tersebut dapat dilakukan jika Anda yakin bila file yang Anda cari tidak berada di dalam folder tersebut, dan tentunya dapat mempercepat waktu pencarian.
  6. AndroSearch juga menawarkan proses pencarian file dengan cepat. Terdapat 2 cara untuk melakukan itu yakni menggunakan widget AndroSearch pada home screen atau menambahkannya pada notification drawer. 


0 Response to "6 Cara Cepat Mencari File, Kontak dan Aplikasi di Perangkat Android"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.