iklan space 728x90px

10 Sumber Online Kode Program bagi Para Programmer Kelas Dunia

WartaIPTEK.com - Dunia internet berkembang dengan sangat cepat. Apapun, kemanapun dan kapanpun kita membutuhkan sebuah informasi atau komunikasi, kita sudah bisa melakukannya. Dengan inrernet kita juga memiliki media belajar yang sangat luas. Bahkan tidak perlu tahu siapa yang membaginya, kita sudah bisa mendapatkan informasi yang kita butuhkan.

Ini sangat membantu kita dalam bekerja dan beraktivitas. Apalagi hampir setiap hari atau bahkan setiap detik, kita selalu bergelut dan membutuhkan internet untuk belajar. Salah satu yang sangat bergantung dari adanya internet adalah para programmer atau developer, baik website ataupun aplikasi desktop. Mulai dari ide, konsep, desain bahkan kode pemrograman yang mereka butuhkan, bisa mereka dapatkan dengan sangat lengkap di internet. 


Melalui artikel ini, kita akan sama-sama belajar menemukan kode pemrograman secara online dengan sangat mudah. Dan berikut ini adalah daftar 10 sumber online kode program terbaik:

1. Code School
Dengan menggunakan Code School, kita bukan hanya bisa menemukan code program yang kita butuhkan, tapi kita juga ditawarkan beberapa kursus gratis dan itu salah satu yang menjadi favorit. Kita bisa mengikuti panduan melalui sebuah program yang berbeda-beda, atau kita juga bisa memilih untuk mengikuti kursus pribadi. Ada juga kursus tambahan yang bisa kita ambil untuk lebih melengkapi kebutuhan kita.

Code School menawarkan beberapa program gratis kepada kita untuk belajar, sehingga kita juga bisa mencoba di awal atau berlangganan setiap bulannya hanya dengan membayar $29.

2. Skillcrush
Jika Anda memilih untuk menggunakan Skillcrush, maka Anda akan menemukan tempat belajar yang hampir menyerupai proses belajar di kelas. Sumber code program yang sangat unik. Mereka memiliki kurikulum yang sebenarnya hampir sama dengan yang diajarkan di dalam kelas. Setiap pengguna bisa mendaftarkan diri di salah satu kursus selama tiga minggu atau tiga bulan.

Setelah mendaftar para siswa memiliki akses untuk belajar, buka hanya di ruang kelas online atau forum chatting dengan sesama siswa, tetapi juga bisa pada jam-jam kerja dengan instruktur mereka.

3. Udacity
Udacity merupakan sumber online code program yang menawarkan panduan mantap untuk banyak topik yang berbeda-beda. Dengan program yang canggih Udacity bahkan dirancang untuk mengaplikasikan kehidupan sehari-hari dalam bentuk robot.

Semua program dirangkum bahkan sebelum kita memulainya. Mereka membantu kit mencari solusi untuk setiap kesulitan yang kita temui.

4. Code Avengers
Jika Anda masih sangat awam untuk mempelajari sebuah kode program, Anda bisa menggunakan Code Avengers. Karena dengan mereka, kita akan dituntun untuk memulai setiap proses dengan langkah yang sangat sederhana.

5. Khan Academy
Apa yang menarik dari Khan Academy? Kita bisa secara real time mendengarkan seseorang berbicara ketika mereka menulis kode, sama seperti saat kita duduk langsung dengan seseorang atau guru kita.

Kita bisa mendapatkan kursus yang sederhana, kita juga mudah untuk mengikuti dan bahkan kita juga bisa saling mengirimkan konsep untuk melakukan latihan secara sederhana.

6. Hack Design
Hack Design adalah sumber online yang sangat direkomendasikan banyak orang. Karena di sini kita akan menemukan katalog dari para desainer untuk berbagai tingkatan. Mereka menawarkan konten pengantar yang melimpah untuk pemula dan teknik yang canggih bagi kita yang sudah professional.

7. Udemy
Udemy adalah salah satu website yang menyediakan katalog yang sangat luas dengan ribuan topik pembahasan selain website dan informasi seputar teknologi. Mereka menyajikan ini dengan gratis atau dengan biaya sampai ratusan dolar. Bahkan kita bisa menemukan apa yang kita inginkan di sini.

8. Tuts+
Tuts+ adalah sebuah layanan yang membantu kita untuk berlatih dalam menumbuhkan keahlian kita. Mereka juga menawarkan pengunjung untuk berlangganan secara berkala. Dan kita bisa mengunduh (download) e-book secara gratis di samping program yang kita inginkan. Mereka juga menawarkan katalog besar yang sangat lengkap dan spesifik mulai dari kode seperti SVG, Jekyll dan Sass.

Kita bisa mengambil kursus ini secara berkelanjutan. Bahkan seorang profesionalpun dapat mengambil kursus ini untuk lebih mengasah keterampilan mereka. Kita juga bisa mendapatkan tutorial dalam bentuk Write Up dengan topik yang berbeda-beda, di samping program yang sebenarnya.

9. Treehouse
Treehouse bukan hanya menawarkan materi pembelajaran bagi kita, tapi mereka juga memiliki perpustakaan paling komprehensif dari materi pendidikan yang disediakan. Mereka bukan hanya menawarkan kursus untuk para programmer, tapi juga menawarkan 'ruang kerja' bagi kita untuk bisa mencoba proyek baru di waktu yang kita miliki. Perpustakaan mereka juga memiliki video tutorial dari para profesional dari banyak industri. Dan mereka menawarkan para pengguna iPad untuk bisa merasakan aplikasi dan manfaatnya.

Kita juga bisa mencoba program ini secara gratis hanya sampai 2 minggu. Dan sejak saat itu ada 2 tingkatan biaya berlangganan yang member/pengguna akses ke semua konten website.

10. Codeacademy
Jika Anda menginginkan media belajar yang gratis dan mudah untuk diatur, Anda bisa menggunakan Codeacademy. Anda juga bisa membuat tujuan langsung untuk diri sendiri dan menemukan keterampilan yang ingin kita pelajari.

Ada sangat banyak sumber informasi dan belajar kita di internet, mulai dari belajar membuat akun email di Gmail, Facebook, Twitter sampai informasi belajar memasak. Jadi bukan tidak mungkin bagi kita untuk belajar menjadi programmer, kita bisa dengan mudah menemukan dan belajar kode program dari banyak sumber. Hanya tinggal kita yang menentukan ingin menggunakan yang mana.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "10 Sumber Online Kode Program bagi Para Programmer Kelas Dunia"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.