Info Baru
Loading...

Burung Sepatu (Hydrophasianus chirurgus), Burung Penakut Pandai Berlari di Atas Tanaman Air

WartaIPTEK.com - Burung Sepatu atau Tikusan yang sebutan dalam bahasa Latinnya adalah Hydrophasianus chirurgus termasuk burung yang hidup di air. Ukuran panjangnya kurang lebih 25 cm. Bulu ekornya kadang-kadang sangat panjang, berbentuk seperti pedang, menambah semarak burung tersebut.

Keistimewaan itu hanya terjadi pada waktu musim kawin saja. Dimaksudkan agar supaya burung jantan yang ekornya berbulu seperti pedang dan menambah keindahan itu, dapat lebih mudah menarik perhatian burung-burung betina.

Burung itu memiliki sayap berwarna putih seluruhnya dengan pinggir yang berwarna hitam. Kepala dan lehernya putih bersih, sedang bulu badannya berwarna  coklat  tua, ada kalanya berwarna lembayung, dan kakinya kelihatannya seperti tidak sesuai dengan seluruh badannya karena terlalu panjang, tetapi memang hal itu rupanya diperlukan untuk hidup di dalam lingkungan tertentu dengan keperluan-keperluan yang tertentu pula.


Burung Sepatu yang jantan adalah lebih menarik, khususnya pada musim kawin, keanehan pada burung ini ialah, bahwa betinanya berperawakan lebih besar dan lebih gemuk   dari pada jantannya.

Hidup   burung ini dirawa-rawa, di danau yang banyak  terdapat tanaman air, seperti kiambang dan teratai. Kaki burung ini bentuknya demikian rupa, sehingga tempat berpijaknya sangat luas.

Dengan bentuk kaki yang demikian itu maka burung-burung tersebut tidak akan terperosok ke dalam lumpur atau air apabila ia berpijak di atas bunga atau tanaman-tanaman yang tumbuh di atas air. Kecuali tubuhnya sendiri terdiri dari tulang-tulang yang kecil dan ringan, sehingga dengan sendirinya badannya juga menjadi ringan, sebabnya ialah karena daya berat badannya terbagi rata di tempat berpijak yang amat luas. Dengan kemahiran melompat-lompat dari satu tanaman air ke tanaman air lainnya.

Burung Sepatu itu bergerak lincah mencari makanan yang berupa macam-macam binatang air dan larvanya. Burung ini memperhatikan segenap lingkungannya dengan mata yang penuh kewaspadaan sekalipun ia bergerak dengan aman di tengah-tengah air, di atas tanaman teratai atau umbut air umpamanya yang jauh dari jangkauan tangan manusia atau binatang lainnya. 

Burung Sepatu terkenal sebagai binatang yang bersikap dan bersifat terlalu berhati-hati. Bahkan ada pula orang yang berpendapat bahwa tabiat dan sifat burung itu sangat penakut. Pada umumnya burung-burung yang terlalu berhati-hati, atau disebut pula penakut, bertabiat sangat liar dan dengan sendirinya selalu bersembunyi atau menyelamatkan dirinya pada keadaan yang sedikit saja mengkuatirkan dirinya. Oleh karena tubuhnya ringan dan kakinya yang berbentuk untuk dapat berpijak secara ringan pula, maka pada umumnya burung-burung sejenis burung Sepatu itu membuat sarangnya di atas daun-daun tanaman air di tempat yang paling aman.

Agar dapat lebih jelas mengenal bentuk tubuh, keindahan warna serta bagaimana bentuk kaki burung Sepatu ini, marilah kita melihat-lihat gambar yang tertera di halaman ini. 



0 Response to "Burung Sepatu (Hydrophasianus chirurgus), Burung Penakut Pandai Berlari di Atas Tanaman Air"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.