Info Baru
Loading...

10 Cara Membebaskan Kapasitas Penyimpanan Di Windows Phone

WartaIPTEK.com - Jika Anda memiliki smartphone Windows Phone 8.1 yang memiliki harga terjangkau, kemungkinan besar Anda akan mengalami cepatnya kapasitas penyimpanan yang berkurang. Tentu saja hal ini dikarenakan kapasitas memory internal yang terbatas. Melalui update versi 8.1, Microsoft menyediakan aplikasi Storage Sense yang berguna bagi Anda untuk mengecek sisa kapasitas penyimpanan, termasuk membuang file atau aplikasi yang tak berguna pada memory internal maupun eksternal.

Pada ulasan kali ini kita akan mengoptimalkan Storage Sense untuk membebaskan kapasitas penyimpanan. Tentunya dengan kapasitas yang lebih lega, Anda dapat menyimpan file dan menginstal aplikasi lebih banyak.


1. Mengecek Kapasitas Penyimpanan
Windows Phone 8.1 akan selalu memberikan notifikasi ketika kapasitas penyimpanan menipis, tetapi Anda dapat mengeceknya kapanpun dengan mudah. Tap Storage Sense dari daftar aplikasi. Anda dapat melihat berapa banyak kapasitas memory internal (Phone) dan eksternal (SD card) yang digunakan, berikut dengan sisanya.

2. Lihat Detail Informasi
Jika Anda men-tap salah satu penyimpanan, maka ditampilkan detail informasi dari apa saja yang disimpan di dalam memory internal atau eksternal. Misalnya yang dipilih adalah SD card, dan yang ditampilkan adalah file yang dikategorikan dalam kelompok seperti apps & games, music, videos, podcasts, photos, email & messaging, documents, downloads, maps, system, temporary files dan other. Tiap kelompok akan membawa ukuran file masing-masing.

3. Uninstall Aplikasi
Salah satu konten yang dapat menyesaki penyimpanan adalah aplikasi, dan Anda dapat meng-uninstal aplikasi yang sudah tak digunakan. Tap kelompok "app + games" dan Anda dapat melihat daftar aplikasi dan game yang terinstal di dalam smartphone. Pilih aplikasi atau game yang akan di-uninstal, lalu tap opsi "uninstall." Alternatifnya Anda dapat langsung melakukannya melalui App List. Cukup tahan aplikasi lalu pilih opsi "uninstall."

4. Hapus File Musik
Selain aplikasi dan game, konten lain yang menyesaki penyimpanan adalah file musik. Biasanya Anda tak akan sadar sudah menyalin berbagai file ke dalam SD card hingga baru terasa bahwa file tersebut sudah menumpuk. Jika Anda men-tap kategori "musik" maka muncul tombol "manage" di dalamnya. Tap saja dan Anda akan dibawa ke aplikasi Xbox Music. Selanjutnya hapus file yang jarang Anda dengarkan.

5. Hapus File Temporary
Dalam aktivitas sehari-hari, file temporary akan muncul dan dihapus secara otomatis. File temporary bisa berbentuk histori Internet Explorer, cookies dan penyimpanan sementara. Untuk menghapusnya, tap kelompok "temporary files" lalu lanjut dengan menekan tombol "Delete." Tunggu sejenak hingga sistem melakukan penghapusan file temporary.
6. Hapus Histori Pencarian

Saat menggunakan aplikasi peta, maka Anda pastinya sering melakukan pencarian mengenai lokasi tertentu. Aktivitas ini disimpan juga di ruang penyimpanan. Semakin sering Anda melakukan pencarian, maka semakin banyak juga file histori penyimpanan yang disimpan. Masih dalam Storage Sense, pilih "phone" lalu tap kelompok "maps." Pada layar selanjutnya tap "manage" kemudian tap "delete history."

7. Hapus File Peta Offline
Jika Anda sering menggunakan peta offline (offline map), maka hal tersebut juga sangat berpotensi untuk menyesaki penyimpanan. Salah satu cara untuk membebaskan kapasitas penyimpanan adalah menghapus peta yang tidak Anda gunakan. Ukuran file peta offline jelasnya sangat besar dan rata-rata di atas 100MB. Hapus saja peta yang tak Anda gunakan lagi. Tap "download maps" lalu pilih peta, tap dan tahan lalu pilih opsi "delete."

8. Kelompok “other”
Pada daftar pengelompokkan file tepatnya di memory internal (phone), maka terlihat kelompok "other." Terkadang ukurannya bisa sangat besar dan Anda ingin mengetahui cara untuk menghapusnya, tapi sayangnya Anda tak dapat melakukannya secara manual. Sistem akan melakukannya untuk Anda secara otomatis. Ketika kapasitas penyimpanan sudah kurang dari 6% total kapasitas, maka sistem akan melakukan penghapusan file otomatis di kelompok "other."

9. Kelompok "system"
Kelompok file lain yang tidak dapat diutak-atik adalah "system." Saat Anda mengaksesnya, maka ditampilkan berapa banyak kapasitas yang digunakan oleh sistem operasi Windows Phone 8.1. Di sini Anda hanya dapat melihat informasi kapasitasnya saja, tak ada opsi untuk menghapusnya. File yang ada di dalamnyalah yang membuat sistem berjalan. 

10. Upload File ke OneDrive
Mungkin tak semua foto atau video yang Anda ingin hapus. Daripada tetap menyimpannya dengan konsekuensi kapasitas penyimpanan masih sesak, maka upload saja ke OneDrive atau transfer ke PC. Opsi pertama menjadi pilihan yang lebih tepat jika Anda masih ingin mengaksesnya via smartphone. Bermodal akun Microsoft, Anda dapat menyimpan file pada OneDrive dengan kuota 7GB. Mengapa tidak memanfaatkannya?

Itulah 10 cara membebaskan kapasitas penyimpanan di Windows Phone sehingga ruang penyimpanannya menjadi longgar dan Anda pun bisa kembali menyimpan file dan menginstal aplikasi lebih banyak.

0 Response to "10 Cara Membebaskan Kapasitas Penyimpanan Di Windows Phone"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.