Info Baru
Loading...

Lebih Baik Pakai Sapu Tangan, Salah Pilih Tisu Bisa Sebabkan Kanker

WartaIPTEK.com - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan benda yang bernama tisu, bukan? Ya, tisu adalah kertas lembut, mudah menyerap air, mudah dibuang, dan. biasanya, berwarna putih. Penggunaan tisu sekarang ini tidak sekadar untuk wajah, tetapi bisa berfungsi sebagai lap pembersih. Sebagian besar aktivitas kita saat menggunakan tisu berkaitan dengan kebersihan atau higienitas. Tisu bisa ditaruh di atas meja makan, di dapur, di meja rias, bahkan di kamar mandi.

Tahukah Anda kalau kertas tisu dapat dibuat dari bubur kertas asli maupun hasil daur ulang? Ya, tisu yang terbuat dari pulp (bubur kertas), bersumber dari batang pohon eucalyptus dan akasia yang dibuat dengan cara kimia. Guna memproduksi tisu, produsen mesti membangun perkebunan eucalyptus dan akasia. Sesudah pohon itu besar dilaksanakan penebangan untuk memperoleh kayunya. 


Hal ini berarti suatu tindakan penggundulan hutan yang mengakibatkan luas hutan alam kian berkurang lantaran tergantikan oleh perkebunan eucalyptus dan akasia. Disamping itu, tisu pun menjalani proses pemutihan agar tisu berwarna putih. Proses pemutihan pada tisu ini  memakai gas Cl (chlor) terhadap pulp yang memiliki warna hitam. Bahan dasar gas chlor ialah racun (toksik) yang limbahnya juga masih memiliki kandungan racun. Jadi, cukup jelas, kan mengapa sebaiknya kita lebih memilih sapu tangan daripada tisu?

Tisu yang baik adalah tisu yang terbuat dari 100% serat alami, bukan dari kertas daur ulang. Serat alami akan menghasilkan tisu bertekstur lembut yang aman digunakan sehari-hari. Setiap membeli tisu, pastikan di kemasan tisu terdapat keterangan bahwa tisu dibuat tanpa ditambahkan dengan OBA. OBA atau Optical Brightening Agent merupakan sebuah zat pemutih yang dipergunakan untuk memutihkan kertas ataupun tisu. 

OBA ini termasuk zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. Tisu-tisu dari merek ternama di pasaran, biasanya akan mencantumkan keterangan yang berkaitan dengan hal seperti ini. Kertas tisu yang dibuat, memiliki sifat dan kebutuhan mutu berbeda yang mencakup kekuatan, daya serap, berat dasar, ketebalan, kecerahan, dan lain-lain. Oleh karena itu alangkah baiknya kita teliti dalam memilih tisu yang akan digunakan nanti. Pastikan jika tisu yang kita beli fungsinya memang sesuai dan tepat.

0 Response to "Lebih Baik Pakai Sapu Tangan, Salah Pilih Tisu Bisa Sebabkan Kanker"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.