Info Baru
Loading...

7 Cara Mudah Membagi Bandwidth Client

WartaIPTEK.com - Apakah Anda pernah menggunakan koneksi internet di warnet? Jika pernah, pasti Anda pernah penasaran bagaimana komputer yang kita gunakan itu tetap bisa berinternet ria dengan kecepatan yang sama dengan komputer lainnya di warnet tersebut. Hal itu terjadi karena adanya pembagian bandwidth di masing-masing komputer client. Adakah cara mudah membagi bandwidth client tersebut?

Bagaimana caranya membagi bandwidth client komputer? Sebenarnya ada banyak software atau perangkat lunak yang menawarkan fitur untuk membagi bandwidth ke komputer client. Namun apakah kita bisa mengatur bandwidth tanpa menggunakan software? Dengan kata lain kita hanya menggunakan OS Windows? Tentu saja bisa. 

Berikut ini ada beberapa tips untuk membagi bandwidth ke komputer client tanpa menggunakan software. Langsung saja ikuti langkah- langkahnya berikut ini.
  • Masuk ke menu Run dengan cara menekan tombol logo "Windows" + "R", kemudian ketikkan “gpedit.msc”.
  • Silakan pilih pada "Computer Configuration" > "Administrative Templates". 
  • Klik pada "Network" > "QoS Packet Scheduler". 
  • Pilih “limit reservelable Bandwidth”.
  • Akan muncul pilihan baru. Silakan anda klik pada "Enable". Pada tulisan Bandwidth limit %, silakan Anda atur menjadi 80 jika Anda ingin semua client mendapatkan 20% bandwidth. 
  • Jika sudah klik "Apply", dan "Ok".
  • Restart komputer untuk melihat hasilnya.

Nah, sekarang komputer client akan mendapatkan bandwidth yang sama besar sehingga jika ada satu komputer sedang mendownload dengan kapasitas besar, maka komputer lain tidak akan terpengaruh dengan kecepatan internetnya.

Demikianlah 7 cara mudah membagi bandwidth client dengan menggunakan perintah gpedit.msc. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber: Disarikan dari berbagai sumber.

0 Response to "7 Cara Mudah Membagi Bandwidth Client"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.