10 Tools Web Desain untuk Para Pengembang Website

WartaIPTEK.com - Siapa nih diantara Anda yang berprofesi sebagai seorang web desainer? Apa saja yang Anda butuhkan saar hendak melakukan pekerjaan Anda? Sebagai seorang web desainer, tentu kita memerlukan banyak tools yang memudahkan kita dalam mengerjakan project website kita. Mulai dari desain halaman, font, warna dan lain sebagainya. Sebagai web desainer, kita pasti membutuhkan lisensi untuk font, gambar dan konten lainnya. Yang kita perlukan juga kecepatan dalam mendapatkannya serta aksesibilitas untuk menggunakannya.

Kebutuhan yang tidak sedikit inilah yang membuat para pengembang menciptakan berbagai tools yang membantu kita untuk melakukan pekerjaan dengan mudah. Salah satunya yaitu tools untuk web desainer yang akan diulas di sini. Cukup banyak menarik perhatian, karena beberapa tools ini sungguh membantu kita dalam merancang desain website yang kita butuhkan. 


Apa saja itu? Mari coba kita lihat satu per satu 10 tools web desain untuk para pengembang website!

1. Slemma
Slemma adalah tools yang dibuat untuk para web desainer dalam menciptakan grafik, diagram dari data yang sudah dimiliki. Data yang digunakan bisa berasal dari beragai sumber. Dan Slemma juga akan menggunakan informasi yang berada pada Dropbox, Google Docs, Google Analytics dan puluhan database lain yang kita gunakan. Slemma bahkan menjadi sebuah lokasi terpusat yang bisa digunakan untuk mengakses data. Kita bisa menggunakan Dashboard persis seperti yang kita inginkan, sehingga data juga tampil sesuai dengan keinginan kita.

2. ViewPorlify
Selanjutnya juga ada ViewPortify yang cocok digunakan untuk membuat visualisasi data dari ukuran viewport paling populer untuk analisis sebuah website. Awalnya Phil Hawksworth menginginkn sebuah tools yang secara otomatis dapat membantu satu viewport, hingga membangun desain website yang responsif. Tapi sekarang kita bisa membuat lebih dari satu website dengan menggunakan aplikasi Vlewportify.

3. Vibrant.js
Jika Anda membutuhkan sumber wama yang sangat beragam, maka Vibrant.js adalah jawabannya. Bisa disebut sebagai perpustakaan warna ini sangat menarik bagi para website desainer. Mulai dari warna vibrant, dark vibrant, light vibrant, muted, dark muted and light muted, dan masih banyak lagi. Mereka dapat kita ambil dengan palet yang sudah disediakan oleh tools ini.

4. Wireflow
Jika Anda menggunakan Android, Anda bisa menggunakan Wireframesketcher untuk membantu pekerjaan Anda. Anda akan memiliki control penuh untuk menggunakan dan menempatkan Wireframes melalui layar sentuh smartphone. Bahkan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan kolaborasi dengan rekan kerja Anda yang lain.

5. Do
Pernahkah Anda menemukan sebuah tools web desainer yang juga dikolaborasi dengan aplikasi to do list? Aplikadi Do akan membantu Anda mengerjakan setiap project dengan bantuan checklist to do list yang Anda buat. Aplikasi ini sangat lengkap, mulai dari fitur join, kalender, Overview, Lists, Groups dan masih banyak lagi. Aplikasi ini bisa kita download secara gratis.

6. Knwl.js
Dalam menciptakan sebuah website yang menarik, data yang dicantumkan juga harus diekstrak agar memudahkan kita mengelolanya. Knwl.js membantu kita melakukan ekstrak data, mulai dari teks, tanggal, waktu, nomor telepon, alamat email dan lain sebagainya menjadi satu. Ini juga sangat extensible sehingga memungkinkan kita untuk mencaritahu plugin apa yang kita gunakan dan menguraikan datanya. Jangan khawatir kebingungan menggunakannya, karena aplikasi ini dilengkapi dengan demo di dalam websitenya.

7. Hello Many
Hello Many membantu kita membangun elemen UI terbaik untuk sebuah website, termasuk untuk tema website itu. Anda bisa menemukan tema, UI Kits dan juga Icons untuk website Anda. Aplikasi ini menyediakan semuanya secara berbayar. Segala macam tema, UI Kits dan juga Icons disediakan untuk berbagai platform, mulai dari Wordpress, HTML, Mixed, Wearable, Mobile Apps dan masih banyak lagi. Ini jauh lebih memudahkan kita dalam memilih.

8. Type of Design
Pernahkah Anda menemukan sebuah tools yang memungkinkan Anda untuk mengetik dengan huruf acak yang Anda pilih dari 36 jenis project berbeda? Jika belum, maka ini saatnya Anda menemukan caranya. Percobaan ini akan mempertemukan desainer dan juga illustrator dengan cara yang menarik dan mengunggahnya untuk Instagram. Type of Design menggunakan huruf yang dipilih acak dengan menggunakan hashtag #36daysoftype.

9. The Accessibility Cheatsheet
Jika Anda ingin memiliki tools yang mengunggulkan aksesibilitas, maka salah satu yang akan muncul pertama kali adalah Web Content Accessibility Guidelines dari W3C. Selain sangat panjang, kita juga akan kesulitan untuk membacanya. Cheatsheet ini membantu kita membaca dokumen ini dengan lebih sederhana dan juga menyajikannya dengan lebih menarik, padat dan memberikan contoh praktis dan mudah untuk kita lakukan.

10. Fontstand
Fontstand memang termasuk tools yang baru, dengan tools ini kita akan lebih mudah memiliki lisensi font untuk desktop. Fontstand juga merupakan aplikasi Mac OS X yang memungkinkan Anda untuk mencoba font gratis, dan menyewanya dalam jangka waktu bulanan. Font berbayar bisa Anda gunakan selamanya. Sedangkan untuk font gratis hanya bisa Anda gunakan selama 1 jam saja.

Nah, dari 10 tools ini manakah yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Desain website Anda pasti sedikit banyak tenbantu oleh tools ini.

0 Response to "10 Tools Web Desain untuk Para Pengembang Website"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.