Info Baru
Loading...

Zim, Printer 3D Buatan Zeepro untuk Keperluan Rumahan

WartaIPTEK.com - Walau perkembangannya belum terlalu signifikan dan lebih menyasar untuk korporasi, perlahan-lahan printer 3D pun mulai merambah untuk sektor rumahan. Apalagi dengan dimensi dari printer yang semakin kecil. Salah satunya adalah Zim, sebuah printer 3D siap pakai yang menawarkan dual print head dengan resolusi tinggi untuk membuat objek yang kompleks, berikut juga kamera untuk memantau proses melalui smartphone.

Perusahaan yang berada di balik Zim adalah Zeepro dan mereka berusaha membuat printer 3D sesederhana mungkin dengan pemakaian yang user-friendly. Maka dari itu Zim dibekali dengan board ARM PC sendiri dan tidak memerlukan driver untuk diinstal pada PC. Setelah terhubung dengan internet melalui WiFi atau ethernet, file objek dapat dikirimkan secara langsung ke printer melalui PC, Mac, tablet atau smartphone.



Zim dibekali dengan sistem cartridge yang secara otomatis dapat mengisi material cetak ke nozzle, membuat waktu pengisian printer lebih mudah dan aman. Zeepro sendiri sedang berencana untuk menawarkan cartridge berisi berbagai warna dengn bahan plastik ABS, PLA dan PVA. Dengan sistem ini Anda nantinya dapat memantau detail sisa material yang tersisa dengan tepat dan menerima peringatan ketika printer kehabisan isinya.

Menurut Zeepro, Zim didesain dengan pengaturan dual-head sehingga Anda dapat mencetak objek dengan 2 warna atau material yang berbeda secara bersamaan. Objek dapat dicetak dalam ruang bervolume 15 x 15 x 15 cm. Kecepatan cetaknya adalah 110 mm per detik dan resolusi layer 80 micron.

Kemudian salah satu fitur yang jarang ditemui pada printer 3D lain adalah kamera built-in yang memungkinkan Anda untuk memantau proses cetak ketika sedang berada di luar. Hal ini dapat dilakukan setelah printer terkoneksi ke internet. Selain memantau, Anda juga dapat mengaktifkan printer dan mencek apakah hasilnya sudah benar.

Zim Zeepro dengan sistem dual-head dijual dengan harga sekitar Rp 7 jutaan. Pastinya termasuk terjangkau untuk sebuah printer rumahan.

0 Response to "Zim, Printer 3D Buatan Zeepro untuk Keperluan Rumahan"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.