Pengaturan Penting pada Windows 8.1 yang Perlu Anda Ketahui

WartaIPTEK.com - Sejak Windows 8.1 telah diluncurkan, banyak yang telah berubah. Begitu pula dengan Control Panel dimana beberapa tugasnya telah dimasukkan pada PC settings. Mungkin ada sedikit kebingungan pada saat menggunakan Windows 8.1 karena navigasi antarmuka baru dan baiknya kita fokus pada beberapa fitur baru dalam "PC settings" serta sedikit membandingkan kemungkinan kesamaan dengan yang ada pada Control Panel di versi desktop.

Mungkin Anda harus sedikit memberikan waktu yang lebih banyak untuk bisa memahami pengaturan ini. Jadi di sini akan membahas beberapa pengaturan PC settings Windows 8.1. Setidaknya nanti Anda bisa mengetahui tentang fitur pengaturan yang dibutuhkan.

Untuk menemukan Control Panel pada Windows 8.1 cukup mudah. Jika Anda menggunakan keyboard/mouse, klik kanan pada tombol Start atau menggunakan WIN KEY + X. Akan muncul menu, pilih "Control Panel". Jika Anda menggunakan layar sentuh (pada Desktop), menggesek kiri dari layar tepi kanan, tekan "Settings", kemudian "Control Panel".


PC settings
PC settings dengan antarmuka layar Start ini sebenarnya memudahkan bagi pengguna tablet touchscreen saat memanipulasi dan mengkonfig-urasi perangkat mereka tanpa kerumitan saat masuk ke Control Desktop.

Untuk membuka PC Settings dengan mouse (pada layar Start), pindahkan pointer ke pojok kanan atas atau bawah layar Anda, klik pada charm "Settings", dan klik "PC Settings" di bagian bawah.
Sekarang Anda bisa menavigasi ke dan sekitar PC Settings dengan keyboard. Anda juga bisa menggunakan tombol Win + W untuk langsung pada pengaturan yang diinginkan, atau Win +1 dan menggunakan panah ke bawah untuk memilih "Change PC settings", tekan "Enter* untuk membuka. 

PC and Devices
Pengaturan PC dibagi ke dalam sembilan kategori, dan kategori tersebut kemudian dibagi lagi menjadi topik yang relevan. Misalnya "PC and devices" yang terurai menjadi sembilan bidang pengaturan.

Jika Anda memiliki perangkat dengan Windows 8.1, Anda harus meluangkan waktu untuk menjelajahi setiap pengaturan PC secara menyeluruh. Dan perhatikan, sistem Anda mungkin memiliki pengaturan yang tidak muncul pada perangkat lain dan sebaliknya. Sebagai contoh, jika Anda memiliki adapter Bluetooth, pengaturan "Bluetooth" akan muncul, ada juga pengaturan "Typing" yang akan memberikan lebih banyak pilihan jika Anda menggunakan touchscreen.

Display
Pengaturan "Display" bisa Anda lakukan dengan melihat di Control Panel > Display > Screen Resolution. Anda juga dapat mengaksesnya ketika Anda klik kanan pada desktop dan pilih "Screen Resolution". 

Sementara versi Metro terlihat bagus dan mudah digunakan dengan sentuhan. Pengaturan tampilan baru tidak mendeteksi tampilan ketiga yang melekat pada kartu video sehingga perlu untuk menggunakan metode lama. 

Devices
Untuk "Devices", pengaturan yang mirip dengan fitur "Devices and Printers" kecuali bahwa "Devices" adalah lebih ramping dan tidak menunjukkan perangkat multimedia seperti versi Control Panel. 

Control Panel pada dasarnya melakukan hal yang sama sebagai mitra Metro, meskipun perangkat Bluetooth diberikan pengaturan mereka sendiri sementara mereka dikelompokkan ke dalam "Perangkat dan Printers". 

Comers and edges
Dengan fitur "Comers and edges", Anda dapat menonaktifkan sudut panas dan app Metro switching (swipe dan tepi kiri), yang bagus, terutama pada PC desktop. 

Ada juga manfaat baru dari "Navigation" tab pada Control Panel "Taskbar and Navigation" (klik kanan pada Taskbar > Properties. 

Pengaturan menu "Power and sleep" sangat mendasar dibandingkan dengan Control Panel. Anda dapat menggunakan ini untuk membuat penyesuaian yang paling dasar untuk skema power perangkat Anda. 

Namun, jika Anda benar-benar ingin mengatur konsumsi daya dan kinerja sebuah perangkat, Anda bisa menggunakan "Power Options" dan klik pada "Advanced Options". 

Accounts
Pengaturan "Account" dan "User accounts" pada Control Panel memiliki kesamaan, namun Microsoft telah menggulir fungsi yang paling dasar (bisa menambah dan menghapus user) pada PC Settings saat keluar dari Control Panel.

Your account
Anda dapat memilih "disconnect" untuk fitur dari Microsoft dan membuat akun lokal, juga mengubah atau membuat gambar akun. Dengan fitur "Your account" Anda bisa menambahkan opsi untuk mengubah akun untuk akun anak, meskipun, fasilitas ini sudah ada pada Microsoft Family Safety dalam Control Panel.

Jika Anda benar-benar ingin melengkapi akun, seperti menambahkan lebih banyak informasi pribadi, Anda akan perlu login ke akun Microsoft yang ada pada situs Live.com.

Sign-in options
Pengaturan "Sign-in options" ini idelanya diberi nama "Password options", tapi apa arti sebuah nama? Yang penting perlu dicatat adalah bahwa semua pengaturan keamanan perangkat Anda di sini jadi bisa dikatakan ini adalah salah satu kelompok pengaturan yang paling penting.

Hal ini tampaknya menjadi satu-satunya cara agar Anda dapat mengubah password dan menambahkan opsi login yang lain. Ini adalah satu-satunya PC Settings yang memiliki konsekwensi pada seluruh sistem tetapi tidak memiliki yang setara pada Control Panel.

Juga dari catatan di sini adalah pilihan "PIN" yang memungkinkan Anda bisa mengakses dengan cepat ke perangkat Anda dengan 4 digit angka. Secara keseluruhan, Anda tidak dapat menggunakan dua pilihan terakhir kecuali Anda memiliki password master.

Other Accounts
Di sini, terdapat pengaturan "other accounts", Anda dapat menambah, mengedit, dan menghapus account pengguna. Perhatikan bahwa ketika melakukan editing account, Anda dapat mengubah account ke salah satu dari tiga jenis pilihan: administrator, standar, atau child.

Terakhir adalah Anda dapat membuat account untuk akses yang ditentukan. Pada dasarnya, jika ingin user menggunakan satu aplikasi tunggal, Anda akan menetapkan user dengan menggunakan pengaturan ini. 

App sizes
"App sizes" ini mirip dengan "Programs and Features' pada Control Panel, tetapi itu hanya untuk Windows Apps Store. Dia akan menampilkan ukuran aplikasi dan memungkinkan Anda dengan cepat menghapusnya jika terlalu banyak mengambil ruang. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengeluarkan aplikasi yang tidak digunakan. 

0 Response to "Pengaturan Penting pada Windows 8.1 yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.