Info Baru
Loading...

Burung Tiker, Burung Air yang Tidak Pandai Berenang, Tapi Mampu Berlari di Atas Tanaman Air

WartaIPTEK.com - Burung Tiker dalam istilah Latinnya disebut Metopodius indicus merupakan jenis burung yang hidup di air. Nama lain dari burung ini ialah Picisan dan ada pula yang menyebutnya Anjing-anjingan.

Sekalipun burung ini hidupnya di air, tetapi Burung Tiker ini tidak pandai berenang. Keistimewaannya ialah mampu berjalan dan berlari di atas tanaman yang mengapung di atas air. Keistimewaannya ini disebabkan karena kaki Burung Tiker bentuknya panjang dan ramping, begitu pula jari-jari kakinya yang mempunyai kuku sangat panjang. Bentuk kakinya yang khusus ini berguna sekali bila sedang berjalan di atas tanaman air yaitu sebagai alat keseimbangan badannya dan sebagai penopang berat badannya.


Burung Tiker atau picisan ini mempunyai bulu dengan warna-warna indah yang sangat mengagumkan. Bulu-bulu bagian badannya indah dan bersih, berwarna hijau tua dan biru berkilat. Ekornya panjang dengan warna coklat kemerah-merahan, warna sayapnya keputih-putihan dengan bulu-bulu ujung berwarna hitam. Pada siku depan sayap terdapat semacam taji yang berwarna kuning pucat. Taji ini berguna sebagai alat pemegang untuk memindahkan telur atau anak-anaknya yang masih kecil. Di bagian atas dahinya terdapat semacam pial atau jengger bentuknya pipih rata dengan warna merah ungu.

Jenis burung yang indah ini terdapat di pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Malaysia Barat, Indocina, Cina Selatan, hingga ke India. Burung Tiker hidupnya tidak bergerombol, tetapi berpasang-pasangan, hidup di daerah-daerah yang dekat dengan air seperti di sekitar danau, kolam-kolam, tebat, dan tasik-tasik berair yang banyak ditumbuhi oleh teratai dan tanaman-tanaman air lainnya. Burung Tiker ini membuat sarangnya pada tanaman-tanaman air yang terdapat di atas permukaan air. Bila kita perhatikan cara-cara kehidupan burung Tiker ini, kehidupannya tidak jauh berbeda dengan kehidupan Burung Sepatu.


Badannya ringan serta kakinya ramping dengan bentuk yang sedemikian rupa sehingga dapat membagi keseimbangan tubuhnya, menyebabkan Burung Tiker ini dapat dengan lincah dan cekatan melompat-lompat di atas tanaman-tanaman air yang lunak tanpa khawatir akan terperosok. Oleh sebab itulah Burung Tiker ini membuat sarangnya di atas tanaman-tanaman yang tumbuh di permukaan air.

Burung Tiker atau Picisan yang juga disebut Anjing-anjing ini makanannya adalah binatang-binatang kecil, seperti serangga-serangga air dan juga larvanya. Bila Burung Tiker ini memulai masa berkasih-kasihan atau masa perkawinan, burung-burung jantannya akan memamerkan bulu ekornya yang indah dan panjang guna memikat hati betinanya.

0 Response to "Burung Tiker, Burung Air yang Tidak Pandai Berenang, Tapi Mampu Berlari di Atas Tanaman Air"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.