Kaypro II, Komputer Pembuat Sepeda Motor

WartaIPTEK.com - Aplikasi komputer, ternyata begitu beragam jumlahnya. Tak cuma dipakai menghitung angka. menyusun huruf, melukis atau bahkan meramal macam test bioritmik. Alat canggih yang mampu berpikir cepat itu, bisa juga dikembangkan untuk membuat rancang bangun sepeda motor.

Perangkat yang diberi nama Kaypro II ini, sebenarnya bukanlah komputer khusus yang diciptakan untuk tujuan itu. Melainkan, hasil modifikasi dari komputer pemroses kata, seperti yang lazim kita lihat. Namun apa yang dihasilkan, toh pantas dibanggakan. Fleksibelitas alat ini menawarkan alternatif untuk membuat sepeda motor lebih cepat. Tanpa media kertas yang rumit dan tentu saja jadi lebih efisien. Itu berarti sistem ini mampu menggusur cara lama - menggambar rancang bangun - yang dianut sejak zaman Pharaoh mendisain piramid berabad-abad yang lalu.


Seperti merekam data, begitulah komputer ini bekerja. Cuma yang diolah Kaypro, adalah titik-titik yang tampak di layar monitor. Sesudah titik-titik tadi digeser pada jarak tertentu, tinggal pencet tombol dan sim salabim semua titik itu langsung dihubungkan dengan garis hijau. Hasilnya, bisa jadi sebuah bentuk rangka motor dengan sudut 135 derajat dalam wujud 3 dimensi.

Selain untuk membuat rangka, komputer ini juga bisa dipakai untuk mendisain rumah mesin, knalpot, lampu, fairing (tudung) serta tempat duduk. Dan lagi-lagi tinggal pencet tombol, perangkat ini bisa memberi keterangan seluruh data teknis motor yang akan dibuat. Termasuk pula kelebihan dan kekurangannya.

Yang paling menakjubkan dan seluruh rangkaian sistem Kaypro, justru sesudah motor dibuat dan dilempar ke pasar. Soalnya komputer ini, mampu membuat analisa penjualan dan mengetahui apa yang tidak disenangi konsumen terhadap motor tersebut.

Motor yang pertama kali dibuat dengan desain hasil Kaypro, adalah Yamaha FZ 750 dan Honda Shadow 1100. Yamaha dirancang khusus sebagai motor sport murni, sedangkan Honda untuk memenuhi permintaan konsumen yang tidak puas pada motor model chopper buatan Harley Davidson. 

0 Response to "Kaypro II, Komputer Pembuat Sepeda Motor"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.