Info Baru
Loading...

Ini Dia 20 Fitur Website Toko Online Profesional

WartaIPTEK.com - Dewasa ini sudah menjadi hal yang lumrah jika seseorang melakukan transaksi penjualan dan membeli suatu produk dari internet. Toko onlinelah salah satu caranya dan website toko online menjadi wadahnya.

Banyak enterpreneur yang memiliki website toko online urtuk usahanya. Menurut mereka website toko online memberikan kemudahan dalam setiap proses transaksinya. Pelanggan juga akan dengan mudah membeli produk dimana pun dan kapan pun dia inginkan melalui website toko online. Kemudahan yang didapatkan dapat berasal dari fitur yang dimiliki oleh website toko online tersebut. Dan ada banyak pemilik toko online yang bingung apakah website toko online mereka sudah memenuhi syarat website toko online profesional?



Jika Anda memiliki pertanyaan yang sama, mungkin 20 fitur ini bisa membantu Anda dalam mengecek apakah website toko online Anda sudah memenuhi syarat toko online profesional.

Logo Toko Online
Sebuah toko baik itu offline ataupun online harus memiliki satu point penting ini, yaitu logo. Logo merupakan suatu alat komunikasi pertama kali antara Anda dengan pelanggan. Melalui sebuah logo, pencitraan produk dan merek dapat tersampaikan kepada pelanggan. Logo merupakan aspek yang sangat penting bagi bisnis dan toko online Anda. Dalam toko online profesional, biasanya sebuah logo tidak pernah dilewatkan untuk dipasang.

Template
Template atau tampilan toko online menjadi sangat penting, karena selain logo, template atau tampilan berfungsi untuk memberikan kesan pertama calon pelanggan terhadap toko online Anda. Template sebuah toko online profesional tidak harus menampilkan banyak aksesoris, konten dan fitur. Yang terpenting adalah menarik, jelas dan informatif. Biasanya untuk memudahkan, pemilik toko online akan membeli sebuah template toko online dengan CMS di dalamnya. Ini akan lebih memudahkan untuk mengatur template toko online dan mengatur fitur di dalmnya. Ada juga yang memilih untuk membuat sendiri template dan semua management system dari toko online, agar sesuai dengan keinginan pemilik toko online.

Promo
Tidak jarang kita berbelanja online dan menemukan ada sebuah fitur yang menarik perhatian, apalagi kalau bukan sebuah fitur Promosi atau Promo. Dengan fitur promo ini, pelanggan. diyakini akan lebih dalam menggali informasi mengenai toko online Anda. Tidak jarang fitur promo ini digunakan sebagai pembanding toko online Anda dengan toko online lainnya. Promo berupa potongan harga, bonus, hingga gratis pengiriman adalah yang paling banyak menarik perhatian dan minat pelanggan.

Update Terbaru
Jika ingin toko online Anda terus dan selalu diburu oleh pelanggan, jangan lupakan fitur yang satu ini yaitu update terbaru. Update terbaru produk adalah fitur yang dinanti-nantikan oleh pelanggan. Anda tidak harus memberikan update terbaru produk setiap harinya. Setiap seminggu sekali atau beberapa hari sekali. Yang paling penting adalah konsistensi dan rutin dalam update terbaru produk Anda. Anda bisa memberikan gambar produk yang menarik perhatian untuk produk update terbaru Anda.

Search Product
Salah satu yang diinginkan pelanggan toko online dalam bertransaksi adalah kemudahan. Salah satunya yaitu kemudahan dalam menemukan produk atau barang yang mereka inginkan. Melalui fitur search product pelanggan dapat dengan mudah menemukan product yang mereka inginkan. Dalam website toko online Anda, jangan lupakan fitur yang satu ini. Meskipun terkadang letaknya berada di pojok halaman dan jarang diperhatikan, namun fitur ini sangat dibutuhkan.

Metode Pembayaran
Tidak semua pengunjung toko online Anda bisa melakukan pembayaran sesuai metode yang anda terapkan di website Anda. Makanya, penting sekali untuk melengkapi sebanyak mungkin payment gateway yang memungkinkan. Jika perlu, berikan tutorial atau langkah-langkah dalam melakukan pembayaran. 

Share Sosial Media
Saat ini banyak pemilik bisnis online yang sudah memanfaatkan sosial media sebagai cara . untuk promosi dan bertransaksi. Mungkin bisa di bilang jauh sebelum ada website toko online, sosial media sudah lebih dulu ada dan dimanfaatkan. Dan saat ini sudah tidak asing lagi website toko online yang juga menyediakan fasilitas share sosial media. Pelanggan bisa share gambar dan detail produk melalui sosial media. Sehingga ini juga menguntungkan bagi toko online Anda untuk lebih dikenal di jejaring sosial.

Trustmark
Pernahkah Anda melihat ada beberapa logo seperti paypal, western union, JNE, dan sebagainya? Tahukah Anda apa guna fitur itu? Fitur yang biasa disebut Trustmark. Trustmark adalah logo/emblem yang menunjukkan keamanan dari pihak eksternal. Misal TRUSTee, McAfee, dsb. Makanya, anda bisa memasangkan SSL pada server Anda. ketika Anda memasang fitur ini bisa dipastikan kredibilitas toko online Anda meningkat berkali-kali lipat. Karena dengan begitu, pelanggan akan lebih percaya dengan toko online Anda.

Testimonial
Penting bagi sebuah toko online memiki fitur yang satu ini, yaitu testimonial. Dengan adanya fitur testimonial, tentu saja akan menambah rasa percaya pelanggan dan calon pelanggan Anda. Karena biasanya pelanggan yang pernah berbelanja di toko online Anda dan merasa puas dengan pelayanan dan product Anda akan dengan senang hati memberikan testimonial di toko online Anda. Ini berarti sangat berhubungan dengan pelayanan terhadap pelanggan Anda. Jangan lupakan fitur yang satu ini, karena ini juga akan membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Contact
Salah satu fitur penting dari sebuah toko online adalah contact. Bagaimana bisa pelanggan mencari Anda dan menemukan keberadaan Anda tanpa tahu telepon dan alamat Anda. Dengan fitur ini Anda bisa memberikan contact person Anda dan toko online Anda. Mulai dari nomor telepon, mobile, alamat rumah/toko, akun sosial media dan alamat email Anda. Ini juga penting untuk Anda yang ternyata memiliki toko offline atau toko fisik. Jika ada pelanggan yang tidak percaya dengan toko online Anda, Anda bisa memberikan informasi alamat toko fisik Anda. Dengan begitu pelanggan bisa yakin dengan integritas toko online Anda.

Product Management
Sebuah toko online profesional tentu saja akan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan untuk Anda dan juga pelanggan Anda. Dan fitur yang satu ini memang ditujukan untuk Anda pemilik toko online. Fitur product management adalah salah satu fitur penting yang harus dimiliki oleh sebuah toko online. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam mengatur dan memaintenance toko online Anda. Anda bisa dengan mudah upload, update, delete product dengan mudah. Anda bisa mengatur bagaimana tarnpilan product di toko online Anda. Dengan fitur ini tentu saja akan memudahkan kerja Anda sebagai seorang pemilik toko online. Sehingga fungsi toko online yang memberikan kemudahan dalam berbelanja bukan hanya bisa dirasakan oleh pelanggan, namun bisa dirasakan oleh Anda sendiri.

Checkout System
Berbelanja online berarti pelanggan melihat, memilih product, memesan, dan membayar secara online. Bagaimana bisa pelanggan memesan product secara online, pertanyaan ini sudah dijawab dengan adanya fitur shipping cart dan checkout system. Pelanggan bisa dengan mudah memilih product yang mereka inginkan dan melakukan proses checkout. Biasanya fitur ini akan menunjukkan form data pelanggan dan data product apa saja yang pelanggan beli. Pelanggan biasanya juga akan menemukan metode pembayaran apa saja yang tersedia oleh toko online Anda. Toko online profesional biasanya tidak melupakan adanya fitur penting ini.

Reporting
Penting bagi pemilik toko online dan juga pelanggan mendapatkan sebuah reporting atau laporan dari proses belanja yang dilakukan. Fitur reporting ini biasanya tidak muncul pada website toko online. Tetapi biasanya ada pada management system toko online dan untuk reporting ke pelanggan biasanya dikirim melalui email berupa invoice atau email lainnya. Jika Anda memilih sebuah layanan toko online, jangan lupakan untuk mengecek fitur yang satu ini. Tanpa fitur ini tentu saja akan ada banyak kesulitan dalam proses transaksinya.


Marketing
Pernahkah Anda menjumpai sebuah toko online yang mencantumkan sebuah fitur newsletter, diskon, affiliasi, coupon code, dan lain sebagainya? Inilah bagian dari fitur marketing yang dimiliki oleh toko online. Dengan fitur tersebut, Anda bisa dengan mudah mengirimkan newsletter email, broadcast email, memberikan diskon kepada pelanggan. Ini memudahkan Anda dalam memberikan diskon kepada pelanggan, karena Anda tidak harus menghitung secara manual diskon product yang dibeli. Dan Anda juga tidak perlu repot mengirim broadcast email secara manual terhadap pelanggan toko online Anda.

Integrasi Management
Apakah toko online Anda terintegrasi dengan layanan dari luar, seperti layanan chating, jasa pengiriman, Paypal, Ipay, dan Google Tools? Jika toko online Anda memiliki fitur ini atau layanan tempat Anda membeli menyediakan dan menawarkan fitur ini; berarti toko online Anda hampir mencapai profesional. Dengan fitur tersebut Anda bisa dengan mudah melakukan interaksi dan transaksi dengan pelanggan-pelanggan Anda.

Page Management
Ketika Anda memilih untuk membeli sebuah toko online dari jasa pembuatan toko online profesional, mereka akan memberikan fitur penting yang satu ini, yaitu page management. Dengan fitur yang satu ini, Anda bisa dengan mudah mengatur halaman website toko online Anda. Anda bisa menambahkan fitur seperti artikel di dalam page management. Biasanya fitur ini berada dibawah kendali Anda atau admin toko online.

Client Management
Client management merupakan fitur yang harus ada dalam sebuah toko online profesional. Ada dua model client management yang digunakan oleh pemilik toko online. Yang pertama adalah yang digunakan oleh Admin atau pemilik toko online, mereka bisa melihat siapa saja pelanggan baru yang order dan lain sebagainya. Dan yang kedua adalah yang digunakan oleh pelanggan atau member. Biasanya pelanggan yang sudah melakukan registrasi member akan mendapatkan akses untuk masuk melalui fitur login, disana pelanggan bisa mengubah data diri mereka. Newsletter, broadcast email, testimonial, customer report juga termasuk dalam fitur client management ini.

Order Management
Lalu bagaimana dengan fitur yang satu ini? Fitur ini sangat penting untuk Anda dan pelanggan Anda. Order management adalah fitur yang harus ada di toko online profesional. Dengan fitur ini Anda dapat dengan mudah melihat, mengawasi dan mengatur proses order yang terjadi di toko online Anda. Pelanggan juga akan merasa dimudahkan untuk mengecek order apa saja yang mereka lakukan.

Custom Features
Ada beberapa fitur tambahan yang disediakan oleh jasa pembuatan toko online, seperti filter product, inquiry product, Google Translate, dan lain sebagainya. Fitur ini bisa dipesan di luar fitur yang sudah disediakan sebelumnya. Tidak jarang untuk pemilik toko online yang menginginkan toko online mereka terlihat agar lebih profesional, mereka memesan dan menambahkan beberapa fitur profesional lainnya.

SEO
Menjadi yang terakhir dan paling penting untuk kesuksesan sebuah toko online. SEO adalah senjata paling ampuh agar toko online Anda mudah diternui oleh calon pelanggan potensial Anda. Dan toko online profesional seharusnya memiliki fitur ini. Dengan fitur ini Anda atau admin dari toko online bisa menambahkan keyword atau membuat sebuah konten yang mendukung SEO toko online Anda.

0 Response to "Ini Dia 20 Fitur Website Toko Online Profesional"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.