Cara Mengetik Cepat Di Perangkat Android

WartaIPTEK.com - Jika semua yang Anda lakukan dengan ponsel Android Anda atau keyboard tablet adalah menekan kata-kata atau mengetik, Anda akan kehilangan banyak fitur fungsional. Ada banyak hal untuk dipelajari tentang keyboard Android daripada yang mungkin Anda harapkan.

Dengan menguasai beberapa fitur ini tentunya akan membantu Anda mengetik lebih cepat dan menghemat waktu saat memasukkan teks.


Voice Typing  
Jika tangan Anda tidak dalam kondisi bebas, atau Anda hanya merasa seperti mendikte sesuatu, Anda dapat menekan tombol mikrofon pada keyboard dan memasukkan kata hanya dengan berbicara pada ponsel Android Anda.

Fitur ini mengirimkan input suara ke layanan pengenalan suara Google, di mana hal itu akan  diperiksa, dikonversi ke teks, dan dikirim kembali ke ponsel Anda. Ini berarti bahwa ia memerlukan koneksi internet, namun pendekatan menggunakan kekuatan komputasi besar Google membuatnya lebih cepat dan akurat.

Untuk memasukkan tanda baca saat menggunakan pengenalan suara, hanya mengatakan "periode," "koma", "tanda tanya," atau "tanda seru”. Android akan memasukkan tanda baca yang tepat bukan kata-kata.

Offline Voice Typing
Jika Anda menggunakan Android 4.2 atau versi yang lebih baru dari Android, kini Anda dapat menggunakan fitur Offline Voice Typing, Anda hanya perlu menginstal pengenalan suara kamus bahasa yang sesuai. Perhatikan bahwa pengenalan suara sedikit kurang akurat dalam modus offline. Untuk menginstal kamus ini, buka pada layar "Settings", tekan "Language & Input", dan tekan tombol "Settings" di sebelah kanan Google voice typing.

Unduh bahasa yang ingin Anda gunakan secara offline dari layar Offline Speech Recognition.

Swipe to Type
Keyboard default di Android 4.2 sudah mendapatkan kemampuan untuk mengetik kata-kata hanya dengan menggesekkan jari Anda atas mereka. Untuk mengetik kata dengan menggesekkan, cukup sentuh huruf pertama dan meluncur jari Anda di atas huruf, misalnya, untuk mengetikkan Nama, menyentuh N, gerakkan jari anda ke A, dan kemudian gerakkan jari Anda ke M.

Maka Android akan mencoba menebak apa yang Anda ketik, menampilkannya di atas keyboard. Angkat jari Anda dan kata akan diketik. Anda dapat melakukan ini untuk mengetik kata-kata dalan urutan cepat, mengangkat jari Anda dari layar di antara masing-masing.

Kata Prediksi dan Auto-koreksi
Ketika menekan dalam kata, keyboard Android 4.2 akan mencoba untuk berpikir ke depan dan menebak kata Anda saat Anda mengetik. Sebagai contoh, ketik Messa dan "Messages" akan muncul di atas keyboard. Anda kemudian dapat menekan spasi untuk pindah ke kata berikutnya dan Android secara otomatis akan mengisi sisa kata itu mengharapkan Anda untuk mengetik.
                                   
Keyboard bahkan akan menggunakan konteks untuk menebak kata yang Anda cenderung untuk mengetik, bahkan jika Anda belum mulai mengetik kata. Ketuk salah satu saran untuk mengetiknya.

Pengaturan Keyboard
Anda dapat menyesuaikan perilaku keyboard Anda juga. Buka layar "Settings", tekan "Language & Input", dan tekan tombol "Settings" di sebelah kanan keyboard Android.

Layar pengaturan keyboard berisi opsi untuk menonaktifkan fitur seperti menggesekkan, auto-correction, auto-kapitalisasi, dan saran kata berikutnya. Anda juga dapat membuat auto-koreksi yang lebih agresif atau beralih ke layout keyboard yang lain, seperti tata letak QWERTZ Perancis atau lainnya.

Keyboard Pihak Ketiga
Keyboard Android termasuk hanyalah salah satu dari banyak pilihan, pada kenyataannya, produsen ponsel Anda mungkin sudah termasuk keyboard pihak ketiga seperti Swype" yang Anda gunakan, Anda dapat menginstal keyboard pihak ketiga lainnya dari Google Play dan beralih di antara mereka. Sebagai contoh, banyak orang menganggap SwiftKey memiliki yang terbaik untuk fitur auto-correction, sedangkan Swype adalah asli menggesek antar kata-kata mereka pada Keyboard.

Fitur eksperimental seperti biasanya ditemukan pada Android pertama, Anda dapat menemukan berbagai macam keyboard yang berbeda, semua dengan ide-ide mereka sendiri tentang bagaimana membuat input teks lebih cepat dan lebih efisien.

Jadi sekarang sudah lebih tahu, bahwasannya keyboard Android bukan hanya keyboard, itu adalah bagian dari perangkat lunak dengan trik sendiri yang unik, tetapi juga salah satu yang dapat ditukar dan digantikan dengan keyboard lain yang mungkin Anda lebih sukai. Lainhalnya jika Anda ingin keyboard yang berbeda pada iPhone atau iPad, Anda akan harus membongkarnya.

0 Response to "Cara Mengetik Cepat Di Perangkat Android"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.