Info Baru
Loading...

Begini Cara Darurat Bikin Sendiri Pasfoto

WartaIPTEK.com - Dalam kondisi tergesa-gesa dan harus menyediakan foto wajah atau biasa disebut pasfoto, buat saja sendiri. Tak perlu ke studio untuk foto, asalkan ada PC atau laptop, kamera saku/ponsel berkamera, dan printer, kita bisa cetak pasfoto.

Potretlah diri Anda, bisa pakai tripod atau tongsis maupun minta tolong teman untuk memotretkan dengan latar belakang tembok berwarna polos terang, paling baik warna putih. Pastikan baju yang Anda gunakan berwarna kontras dengan dinding agar mudah diolah. Jika dinding putih, gunakan baju gelap, atau sebaliknya. Dinding warna gelap pun dapat dipakai asalkan polos.

Selanjutnya, foto tinggal ditransfer ke PC atau laptop untuk diolah. Anda bisa menentukan ukurannya sendiri, begitu juga warna latar belakang foto menyesuaikan kebutuhan. Semuanya mudah kok dilakukan. Untuk olah image digital, kita pakai Adobe Photoshop.
  • Buka foto hasil jepretan tadi pada Adobe Photoshop. Untuk mengoreksi warna dan pencahayaan, Anda bisa klik "Image > Adjustment > Auto Tone". Pilih juga "Auto Contrast" dan "Auto Color" untuk mengoreksi kontras dan warna.
  •  Anda bisa mengubah warna latar yang sebelumnya putih menjadi warna lain yang diinginkan. Karena warna background sudah putih, Anda akan mudah menyeleksinya. Klik "Magic Wand Tool" lalu klik pada background putih hingga terseleksi.
  • Agar seleksi lebih rapat ke obyek, klik "Select  > Modify > Expand...". Pada boks dialog "Expand" yang muncul, isikan angka sekitar 2-4 piksel, lalu klik [OK]. Seleksi dari Magic Wand tool yang Anda buat tadi akan menjadi lebih rapat ke obyek.       
  • Untuk mewarnai latar belakang obyek, klik "Edit > Fill.." Pada boks dialog Fill, pilih "Color..." pada menu "Use:". Pilih warna pada palet warna yang muncul, lalu klik "OK" lalu klik "OK" lagi. Kini latar belakang obyek akan terisi dengan warna baru.
  • Selanjutnya, atur ukuran pas foto yang dikehendaki, 2 x 3, 3 x 4, atau 4 x 6. Anda bisa menggunakan "Rectangular Marquee Tool" untuk menyeleksi foto. Pada menu "Style" di option bar, pilih "Fixed Ratio" dan isikan perbandingan panjang lebar pada menu di sisi kanannya, misalnya 2 x 3.
  • KIik-tarik pointer hingga bagian pas foto yang diinginkan terseleksi. Jika kurang pas, Anda bisa menggeser-gesernya. Ukuran seleksi ini sudah berasio ukuran perbandingan yang telah Anda tentukan tadi. Jika sudah, klik "Image > Crop".
  • Kini tentukan ukuran cetaknya. Klik "Image > Image Size...". Pada boks dialog yang dikehendaki, isikan nilai ukuran cetak (misalnya 2 x 3 cm untuk pas foto 2x3) pada menu "Document Size". Untuk "Resolution", isikan angka 300 ppi. Klik "OK". Kini foto siap dicetak.
     
 Mengubah Warna dengan Cepat
Jika Anda sudah memiliki pas foto yang siap dicetak namun warna latar belakangnya perlu diubah, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Gunakan fasilitas Replace Color. Misalkan warna latar belakang biru hendak Anda jadikan merah. Begini caranya.
  • Buka foto yang hendak diubah warna latarnya. Selanjutnya, klik "Image > Adjustment > Replace Color...".Tunggu hingga boks dialog "Replace Color" muncul.
  • Pada boks yang muncul, klik tombol pipet (tanpa ikon plus atau minus). Klik pointer pada area latar belakang foto. Boks kotak putih akan memunculkan seleksi obyek dalam bentuk siluet. Naikkan nilai "Fuzziness" agar seleksi makin ketat.
  • Ubah warna dengan menggeser tombol slider "Hue" ke arah kanan untuk menemukan warna merah. Tingkatkan saturasi dan pencahayaan warna baru tersebut lewat dua slider lainnya jika sudah, klik "OK".

0 Response to "Begini Cara Darurat Bikin Sendiri Pasfoto"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.