Info Baru
Loading...

3 Metode Export Chart Excel

WartaIPTEK.com - Microsoft Excel memungkinkan Anda untuk membuat berbagai macam chart dan grafik, yang secara default jelas tersedia di dalam spreadsheet. Suatu saat Anda pun hanya perlu untuk berbagi chart atau grafik kepada teman, tidak keseluruhan spreadsheet. Lantas bagaimana cara export chart excel kepada teman?

Berikut 3 metode export chart excel yang dapat Anda gunakan untuk berbagi kepada teman. Contoh ini menggunakan Excel 2013, namun untuk versi lain Excel caranya tidak jauh berbeda.


Export ke Aplikasi Office Lain
Misalnya Anda ingin menggunakan chart pada Excel pada dokumen Word atau slide di Power Point. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyalin gambar chart dari Excel. Klik kanan di ujung chart lalu pilih opsi Copy. Mengapa harus di ujung? Memastikan agar keseluruhan chart terseleksi. Jika Anda mengeklik di bagian dalam chart, bisa secara tidak sengaja memilih sebagian elemen di dalamnya.

Kemudian buka aplikasi Office lainnya, dalam contoh ini adalah Word. Letakkan kursor di tempat dimana chart akan diletakkan. Klik tab Home, lalu klik panah di bahwa tombol Paste, pilih paste sebagai gambar.

Maka chart pun akan ditampilkan dalam format gambar, dengan tampilan yang persis seperti pada Excel. Jika ukuran chart terlalu besar, cukup klik dan ubah ukurannya dengan menggeser poin di sekitarnya. 

Export dengan Microsoft Paint
Jika Anda ingin memisahkan chart Excel sepenuhnya dari Office dan hanya ingin menyimpannya sebagai file gambar, maka cara termudahnya adalah menyalin chart dari Excel ke Microsoft Paint (atau aplikasi editing gambar lainnya).

Untuk memulai, salin chart seperti langkah sebelumnya. Kemudian buka Paint dan paste chart.

Jika ukuran chart lebih besar dibandingkan dengan default ukuran kanvas pada Paint, maka secara otomatis ukuran kanvas diperlebar menyesuaikan dengan ukuran chart saat di-paste Jika kanvas terlalu besar dan menyisakan ruang putih di sisi kanan dan bawah dari chart, cukup geser ujung kanvas dan kecilkan.

Terakhir, klik menu File > Save As dan pilih format gambar dari chart. Opsinya adalah JPEG atau PNG. Anda pun dapat membagi chart yang sekarang ini berada dalam format gambar ke teman dengan mudah.

Export Semua Chart
Jika pada spreadsheet terdapat beberapa chart dan semuanya ingin Anda export menjadi gambar, tentu akan merepotkan bila melakukan cara sebelumnya karena akan berulang-ulang. Namun terdapat solusinya, yakni menyirnpan workbook Excel sebagai Web Page. Secara otomatis Excel akan membuat semua file gambar untuk Anda.

Pada Excel, buka spreadsheet yang berisi chart. Kemudian klik File>Save As. Pada jendela Save As, pilih direktori dimana Anda ingin menyimpannya. Bisa jadi direktori sementara karena nantinya file dari Web Page kemungkinan besar akan dihapus setelah Anda mengambil file gambar chart saja.

Pada boks Save as type, pilih opsi Web Page. Lalu di samping bagian Save, pastikan opsi Entire Workbook terpilih. Tekan Save untuk menyelesaikan. Abaikan saja jika terdapat pesan mengenai kompabilitas.

Buka direktori dimana Anda menyimpan file Excel. Anda akan menemukan sebuah file .htm berikut folder dengan nama sama, namun dengan tambahan "_files." Di dalam folder ini Anda akan menemukan berbagai file HTML yang diperlukan, termasuk semua gambar dan chart. Tergantung dari ukuran asli workbook Excel, akan terdapat 2 salinan file untuk tiap chart. Satu dengan resolusi penuh dan satunya dengan resolusi lebih kecil untuk keperluan layout. Disarankan untuk menyalin gambar dengan resolusi penuh.

0 Response to "3 Metode Export Chart Excel"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.