Cara Atasi Jerawat Dengan Masker Pare

WartaIPTEK.com - Jerawat yang membandel kerap mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Masalah kulit wajah yang biasanya diakibatkan oleh kulit berminyak, kulit sensitif atau terkena debu dan polusi, menyebabkan timbulnya jerawat. Namun untuk mengatasi hal tersebut tidaklah sulit karena ternyata pare dapat dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat.

Jerawat, meski ukurannya kecil namun akan sangat mengganggu penampilan seseorang. Apalagi jika tumbuhnya jerawat cukup banyak dan jerawat yang tumbuh menimbulkan bekas yang sangat mengganggu. Biasanya untuk mengatasi jerawat seseorang mengoleskan obat antijerawat yang banyak dijual bebas di pasaran. Ada juga yang melakukan suntik jerawat sehingga jerawat pun cepat kempes dan tidak berbekas.


Tak banyak yang tahu bila bahan alami seperti pare, temyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Pare merupakan jenis sayur-sayuran yang memiliki rasa pahit. Bentuknya mirip mentimun, namun dengan permukaan keriting. Sayuran pare pada umumnya tidak banyak disukai karena rasanya yang pahit, terlebih jika tidak mengerti cara memasaknya. Biasanya pare diolah dengan cara dibuat sayur tumis.

Namun di samping itu pare sebenarnya memiliki banyak manfaat yang baik bagi kecantikan dan kesehatan. Pare yang memiliki nama Latin Momordica charantina, merupakan sayur-sayuran yang memiliki warna hijau tua dan hijau muda. Warna pare tergantung di mana sayuran tersebut tumbuh. Jika sudah tua warnanya agak kekuningan, merah atau cokelat.

Meskipun rasanya yang pahit, namun pare memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Rasa pahit dalam pare disebabkan oleh kandungan cucurbitacins. Pare juga mengandung vitamin B dan B1, vitamin K, A, dan C. Pare juga mengandung likopen, fitokimia, asam amino, kalsium, fosfor, dan betakaroten. Betakaroten merupakan zat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, betakaroten juga mampu memperkuat jaringan kulit dan dapat mencegah munculnya jerawat.

Pare untuk Jerawat
Pare dapat menghilangkan jerawat karena mengandung vitamin A, B, dan C, serta betakaroten dan antioksidan. Pada dasarnya kandungan yang memiliki sifat antioksidan seperti vitamin A dan C dapat melawan radikal bebas sehingga dipercaya untuk merawat kesehatan kulit termasuk untuk mengatasi jerawat.

Selain itu kandungan betakaroten dalam pare juga bermanfaat untuk membantu membuang racun dalam tubuh. Jika racun-racun terbuang maka dapat mencegah sel-sel kanker, mencegah penyakit jantung serta memperlambat penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam pare juga berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit dan mampu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Masker Pare
Untuk mengatasi jerawat, pare dibuat masker. Cara membuat masker pare untuk menghilangkan jerawat adalah dengan memilih pare yang segar. Setelah itu pare dibersihkan dan kemudian dihaluskan. Cara menghaluskannya bisa dengan ditumbuk atau dengan cara dibuat jus. Jika ingin membuat jus pare sebaiknya menggunakan alat juicer, bukan blender agar sari dari pare lebih konsentrat karena tanpa menggunakan tambahan air. Setelah itu ampas pare digunakan sebagai masker untuk wajah.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan masker pare secara merata pada kulit wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit agar sari pare meresap ke dalam kulit. Setelah itu wajah dibersihkan menggunakan air bersih. Air yang digunakan bisa air hangat maupun air dingin. Jika menginginkan hasil yang maksimal, masker pare bisa ditambahkan dengan madu dan serbuk kayu manis. Campur bahan hingga rata dan setelah itu masker siap untuk digunakan.

Masker pare sebaiknya rutin digunakan seminggu sekali. Tetapi bila wajahnya berjerawat, maka sebaiknya masker pare digunakan rutin seminggu dua kali. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian masker pare. Namun, jika masker pare ditambahkan dengan madu dan bubuk kayu manis, maka wajah akan terasa hangat sebentar dan bahkan terasa panas saat memakai masker.

Setelah masker pare dibersihkan, maka kondisi jerawat pada wajah akan berkurang. Kondisi wajah pun akan terlihat lebih bagus dan bersih. Bahkan pada beberapa kasus radang jerawat akan langsung mereda setelah sekali menggunakan masker pare. Selain dijadikan masker, pare juga bisa dikonsumsi sebagai jus pare dan diminum secara langsung. Dengan minum jus pare maka akan membantu penyembuhan jerawat dari dalam tubuh.

Merujuk ke laman www.kesehatan.tips, selain bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat, pare juga dapat membantu menurunkan berat badan. Khasiat ini bisa dicapai jika seseorang makan 2-3 buah pare mentah tanpa dimasak. Pare mentah mengandung zat yang mampu menghancurkan lemak secara lebih efektif. Meski ampuh, cara ini bukanlah cara yang mudah bagi seseorang yang tidak menyukai rasa pahit pada pare.

0 Response to "Cara Atasi Jerawat Dengan Masker Pare"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.