Bingung Mau Beli AC? Simak Tipsnya Biar Gak Ketipu!

WartaIPTEK.com - Tinggal di daerah yang cuacanya panas bikin kita gerah sendiri, apalagi kalau siang bolong dan di rumah cuma bermodalkan kipas angin saja. Setiap musim kemarau tiba, saya jadi hobi banget berkelana ke mall dan pusat perbelanjaan yang pastinya bikin kantong jebol. Saya pun jadi berandai-andai, pasang AC di rumah pasti bikin saya makin betah di rumah nih. Yang pasti, gak bikin saya jadi sering jajan kan kalau dirumah. Saya jadi penasaran sendiri, apa iya Air Conditioner alias AC semahal seperti yang ada di bayangan saya? AC seperti apa sih yang oke buat rumah saya?

Akhirnya, saya mencoba menjawab rasa penasaran saya yang sudah menggebu-gebu ini. Ada gak sih AC yang oke buat di rumah tapi harganya bersahabat? Setelah saya coba cari tahu online, ternyata AC ada beberapa jenis sesuai dengan fungsinya lho, seperti AC Portable, AC Window/Exhaust, dan lainnya. Namun, karena penggunaannya cuma untuk di rumah saja, saya akhirnya memilih AC jenis Window / Exhaust yang menurut saya lumayan lah untuk mendinginkan ruangan.



Nah, pas saya coba cari lagi AC Window/Exhaust, saya juga baru tahu nih kalau ternyata ada beberapa hal yang harus saya perhatikan sebelum saya beli AC Window. Apalagi saya mau coba beli peralatan elektronik secara online nih, jadi saya harus ekstra hati-hati biar saya gak salah beli. Apa aja sih yang harus di perhatikan? Pertama, luas ruangan yang akan dipasang AC harus diperhatikan, karena kapasitas ruangan sangat berpengaruh pada suhu dingin pada AC yang akan dipasang. Kedua, yang pasti jumlah orang yang akan menggunakan ruangan itu, karena semakin besar ruangannya dan pengguna ruangan, maka semakin besar PK AC yang harus di pasang. Kalau enggak, ya tetap saja panas. Selanjutnya, meski AC kebanyakan sudah hemat energi dan hemat listrik, tapi tetap harus diperhatikan ukuran tegangan listrik yang dibutuhkan AC. Jangan sampai kelebihan beban listrik ya, karena berbahaya sekali.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :