Info Baru
Loading...

10 Tips Mengoptimalkan Website Versi Mobile

WartaIPTEK.com - Kali ini kita akan membicarakan mengenai website dalam versi mobile. Memiliki sebuah website untuk berbisnis memang sangat dianjurkan. Saat ini website sendiri bukan hanya diciptakan untuk dapar diakses melalui PC ateu tablet, namun juga bisa diakses melalui mobile.

Seiring berkembangnya zaman, website dalam versi mobile sudah dengan mudah dapat dimiliki. Karena setiap orang menuntut kemudahan dalam mencari informasi dan bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Salah satunya yaitu melalui mobile. Website versi mobile tentu sangat berbeda dengan website dalam versi desktop. Selain media yang berbeda, tampilan yang jelas berbeda, informasi yang munculpun juga tidak bisa sepenuhnya ada.




Untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pengunjung website Anda, berikut ini adalah 10 tips mengoptimalkan website Anda dalam versi mobile.

Ketahui Target Anda
Sebelum mulai membuat website dalam versi mobile, Anda terlebih dahulu harus tahu siapa target pasar Anda. Target pengunjung website Anda haruslah disesuaikan dengan tujuan pengunjung Anda. Anda harus tahu tipe gadget yang digunakan saat ini, sehtngga Anda bisa menyesuaikannya dengan tampilan website Anda.

Sederhanakan Lagi Dan Lagi
Dalam mengoptimalkan website versi mobile Anda harus menentukan konten apa yang akan Anda cantumkan dalam website. Mengingat ruang yang tersedia sangatlah terbatas, penting bagi Anda untuk mencari tahu apa yang paling dicari oleh pengunjung website Anda. Dengan begitu Anda bisa memilih apa saja yang perlu dicantumkan dalam website Anda. Hal ini sangat perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki sebuah website toko online versi mobile. Karena tidak semua yang ada pada website versi desktop bisa dicantumkan pada versi mobile. Yang terpenting adalah produk, contact dan proses , transaksinya.

Rencanakan Dengan Baik Tata Letak Website Anda
Halaman website versi mobile akan memuat jauh lebih lama dari versi dekstop website Anda. Jadi penting bagi Anda untuk menjaga jumlah halaman yang akan ditampilkan. Selain itu, penting bagi Anda untuk menjaga tata letak konten dalam website Anda, karena kebanyakan pengunjung tidak sabar untuk mengklik beberapa halaman dalam website Anda. Salah satu teknik yang bisa digunakan untuk melakukan hal yang satu ini adalah mencoba berfikir seperti Steve Jobs. Seperti yang kita tahu, Steve Jobs terkenal mampu menciptakan pengalaman yang efisien dan intuitif bagi penggunanya. Kita juga bisa membuat sebuah website yang sangat efisien dalam hal tampilan. Dengan begitu, pengunjung akan memiliki pengalaman yang lebih baik ketika mereka mengunjungi website Anda.

Cocokkan Website Versi Desktop Dengan Versi Mobile
Meskipun website versi mobile Anda akan jauh lebih ramping daripada website versi dekstop Anda, Anda tentunya ingin tampilan yang ada tidak berbeda jauh dari versi aslinya. Maka dari itu, Anda harus mencocokkan website versi mobile Anda dengan versi dekstop. Hal ini sangat penting karena sebuah situs mobile merupakan touchpoint merek Anda. Bagi pengunjung yang sudah akrab dengan perusahaan Anda, akan mampu dengan mudah mengenal website Anda dalam versi yang berbeda. Ini sebabnya website versi mobile Anda haruslah sama dengan versi dekstop. Namun sama disini juga harus disesuaikan dengan kemampuan mobile dalam memuat konten yang ada.

Memanfaatkan Space Kosong
Ketika merancang situs website apapun, sebaiknya Anda mengoptimalkan setiap ruang yang ada. Ini bukan berarti Anda harus memenuhi setiap space yang ada. Tapi lebih memaksimalkan space atau ruang kosong yang tersedia, terlebih untuk website dalam versi mobile. Anda bisa menampilkan penampilan website yang lebih canggih. Hal ini juga dapat memastikan bahwa pengguna dapat dengan mudah mengklik tombol sesuai dengan tujuan mereka.

Hindari Penggunaan Flash Dan Java
Alasan mengapa tidak dianjurkannya penggunaan Flash adalah karena berpengaruh terhadap kecepatan loading website Anda. Saat ini produk Apple sendiri tidak mendukung penggunaan Flash dalam setiap aplikasinya. Apple juga telah menyatakan, bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menggunakannya dimasa yang akan datang. iPhone sudah menguasai sekitar 30% dari pasar smartphone. Sebagian besar pengunjung website Anda mungkin tidak dapat mengakses konten Anda, jika masih menggunakan Flash. Demkian pula dengan beberapa mobile atau smartphone yang tidak mendukung pengunaan Java. Itu bisa menjadi suatu hambatan yang besar pagi pengguna pada saat mulai mengakses website Anda.

Mengurangi Jumlah Inputan Data
Beberapa orang mungkin sedikit kesulitan untuk menggunakan keyboard pada smartphone mereka. Karena ukuran yang kecil dari keyboard itu sendiri. Sebaiknya Anda mengurangi penggunaan jumlah inputan yang harus diisi oleh pengunjung situs Anda. Bila memungkinkan, gunakan saja menu dropdown dan list sebagai alat inputan data. Ini membantu meminimalkan kesulitan yang mungkin dihadapi oleh pengunjung website Anda.

Jangan Menggunakan Pop Up Pada Browser
Untuk website versi dekstop, Anda bisa menambahkan beberapa item atau icon tambahan untuk mempercantik tampilan. Tapi jangan lakukan itu pada website versi mobile Anda. Salah satunya, yaitu penggunaan popup. Untuk pengunjung yang menggunakan mobile, tentu akan kesulitan untuk membuat atau memilih beberapa tab yang ada di jendela browser mereka. Jika memang dirasa perlu pengunjung website Anda membuka jendela baru dalam mengakses website Anda, usahakan Anda memberitahukan hal tersebut kepada pengunjung. Hal ini dilakukan agar mereka tahu bagaimana mereka bisa kembali ke halaman asli.

Gunakan Redirect Desktop To Mobile
Setelah website versi mobile Anda sudah selesai dirancang dan siap untuk dipublikasikan, pastikan untuk meredirect website dekstop Anda ke versi mobile. Banyak yang bisa dilakukan untuk meredirect website Anda kedalam versi mobile, salah satunya dengan menambahkan script pada script website Anda.

Persilahkan Orang Untuk Mengunjungi Website Asli Anda
Ketika Anda sudah memiliki website versi mobile, maka jangan lupa mempersilahkan pengunjung Anda untuk mengunjungi situs asli Anda. Anda bisa memberikan satu tombol yang berfungsi untuk menghubungkan website versi mobile Anda ke versi desktop. Bukan hanya bisa melalui sebuah tombol atau button, Anda juga bisa memberikan link pada website Anda yang berfungsi untuk meredirect ke website versi desktop.

0 Response to "10 Tips Mengoptimalkan Website Versi Mobile"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.