Ralph H. Baer, Sang Bapak Video Game, Ciptakan Konsol Game Pertama di Dunia

WartaIPTEK.com - Ralph H. Boer, dikenal sebagai "Father of Video Games" alias "Bapak Video Came" dan ia menjadi orang yang disegani dalam dunia industri video game, ia mengembangkan dan mempatenkan beberapa prototif hardware, termasuk konsol video game Magnavox Odyssey. Pada tahun 2001, ia mendapatkan penghargaan National Medal Of Technology untuk jasanya dalam menjadi pionir untuk mengembangkan dan mengkomersialisasikan video game, yang berujung menjadi sebuah industri besar seperti saat ini.

Baer lahir pada 8 Maret 1922 di Jerman. Karena ia adalah keturunan Yahudi, tumbuh pada masa itu sangatlah sulit. Bahkan saat umur 11 tahun, ia dikeluarkan dari sekolah dan dipaksa untuk pindah ke sekolah khusus Yahudi. Ketika umur 16 tahun, kehidupannya justru tambah sulit. dengan berkembangnya Nazi di Jerman yang sangat anti Yahudi. Alhasil keluarganya pun pindah ke Amerika Serikat untuk mengejar kehidupan yang lebih baik.

 
Untuk menyambung hidup, ia bekerja di sebuah pabrik yang upah mingguannya adalah $12. Pada suatu ketika, ia melihat iklan peluang edukasi dalam ranah eletronik, dan ia pun berhenti bekerja di pabrik dan fokus untuk menempuh ilmu. Ia lulus dari National Radio Institute pada tahun 1940 sebagai teknisi layanan radio. Kemudian lanjut untuk mendapatkan gelar Bachelor of Science dari American Television Institute-of-Technology pada tahun 1949.

Baer sempat beberapa kali pindah pekerjaan. Tak lama lulus, ia bekerja di Wappler, Inc, Tugasnya adalah mendesain dan menciptakan peralatan medis. Ia pindah ke Loral Electrons pada 1951 dengan jabatan senior engineer. Tak lama kemudian ia pindah ke Transitron, inc di mana ia menjabat sebagai chief engineer dan kemudian vice president.

Akhirnya ia menemukan ketertarikan lebih pada pekerjaan saat bergabung di Sanders Associate pada 1956 dan bertahan cukup lama. Pada tahun 1966, Baer melakukan eksplorasi untuk kemungkinan bermain game pada layar TV. Saat itu, hampir semua rumah sudah memiliki TV dan potensi untuk mengembangkan game
berbasis TV tentunya terbuka lebar. Baer pun membuat sebuah proposal 4 halaman untuk meyakinkan salah satu supervisornya agar ia dapat menjalankan proyeknya.

Gayung bersambut, ia pun mendapatkan dana $2.500 dan 2 orang insinyur untuk menemaninya. Hasil dari proyek tersebut adalah prototif konsol bernama Brown Box yang dianggap merupakan konsol video game pertama. Tak lama kemudian hampir seluruh karyawan di kantornya mulai bermain game di Brown Box.

Setelah siap, Baer pun mencari calon pembeli. Pada 1971, konsol tersebut dilisensikan kepada Magnavox, dan setelah diganti namanya menjadi Magnavox Odyssey, konsol tersebut dirilis untuk publik pada 1972. Penjualannya pun laris, hampir 300.000 unit. Saat itu Baer dikenal sebagai pembuat perangkat tambahan berupa senapan cahaya bernama Shooting Gallery untuk menembak target game di TV, dan dijual sebagai tambahan dari konsol.

Kesuksesan Odyssey membawa kompetitor dari perusahaan lain, dan saat itu Atari, Inc. yang dipimpin oleh Nolan Bushnell menjadi pesaing kuat. Bushnell pun membuat mesin arcade pertama pada 1972 dengan ide game Table Tennis dari Baer, dan hasilnya adalah game Pong. Perusahaan Sanders dan Magnavox pun menuntut Atari untuk pelanggaran paten karena dianggap telah mencuri ide Baer. Pada masa itu, Magnavox dan Atari saling bersaing dalam bidang konsol game. Tetapi memang pada akhirnya Atari lebih sukses untuk menjadi pemimpin baik dalam video game rumahan dan arcade. Selanjutnya bisa ditebak industri video game-pun semakin berkembang hingga menjadi saat ini.

Walau begitu, semua orang tak melupakan jasa Ralph H. Baer. Ia pun dianggap sebagai Bapak Video Game. Karya pertamanya yakni Brown Box dipajang di museum Smithsonian. Ralph H. Baer telah meninggal pada tanggal 6 Desember 2014 lalu.

0 Response to "Ralph H. Baer, Sang Bapak Video Game, Ciptakan Konsol Game Pertama di Dunia"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.