Perry Chen, Berawal dari Waiter Menjadi Orang Paling Berpengaruh di Dunia

WartaIPTEK.com - Jika anda belum tahu Kickstarter, maka akan coba diberikan info singkatnya. Kickstarter adalah sebuah situs yang menjadi wadah bagi pendanaan sebuah platform tertentu atau proyek-proyek kreatif. Baik itu hardware, film, game, musik, desain, teknologi baru, dan masih banyak lagi.

Kickstarter dibuat oleh Perry Chen bersama dengan 2 orang rekannya - Yancey Strickler dan Charles Adler - pada 28 April 2009 lalu. Di sini berbagai proyek ambisius dan inovatif telah berhasil menjadi kenyataan dengan mendapat dukungan langsung melalui orang lain (pemberi dana), yang dalam hal ini disebut backer.



Dan sampai saat ini, Kickstarter telah memberikan kontribusi lebih dari USD $350 juta untuk mendanai lebih dari 30.000 proyek kreatif. Perry Chen sendiri ternyata bukanlah pakar yang punya background teknologi, software, komputer, dan sebagainya, Pria kelahiran New York yang pernah bekerja sebagai waiter di sebuah restoran ini adalah seorang artis dan seniman. Ia bahkan tidak mengenyam bangku kuliah. Perry hanya tamatan SMU di Hunter High School di New York.

Namun kejeniusannya di bidang seni justru mengantarkannya menjadi orang penting di dunia seni. Laki-laki yang kini berusia 38 tahun dan besar di New Orleans serta pernah menjadi musisi di sana ini cukup terkenal baik di Brooklyn, New York, dan Mexico, ia juga mendirikan beberapa galeri besar.

Ide pembuatan Kickstarter semata-mata karena ia ingin mewadahi orang-orang kreatif di dunia yang tidak punya biaya atau kesulitan mendapatkan sponsor untuk meneruskan proyeknya. Awalnya memang wadah ini lebih konsen di dunia seni. Tapi lambat laun, secara mengejutkan, Kickstarter justru menjadi perhatian orang-orang lain untuk meminta backup dana untuk proyek-proyek hardware, teknologi, game, film, dan masih banyak lagi.

Tapi tentu saja, untuk bisa masuk dan berhasil mendapatkan "hati" dari para backer juga tidak mudah. Ide-ide yang tayang harus betul-betul menarik dan sangat inovatif.

Perry telah masuk ke dalam urutan ke-74 orang paling kreatif di dunia bisnis versi Fast Company dan digelari Forbes sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia. Dan tahun 2010 lalu, Kickstarter mendapat gelar "The Best Invention" versi TIMES. 

Telah banyak ide-ide kreatif yang berhasil sukses didanai oleh Kickstarter. Sebut saja Oculus Rift, printer 3D, flipbookit, dan lain-lain. Belum termasuk game-game keren yang juga berhasil didanai oleh wadah ini. Dan tentu saja, pada akhirnya muncul banyak talenta-talenta dan orang-orang hebat di balik itu semua.

Hingga saat ini, Perry Chen telah menerima sebanyak lebih dari 200 pengajuan proposal setiap harinya untuk bisa tayang dalam Kickstarter. Lewat Kickstarter, karya kita akan benar-benar orisinil - tidak disetir oleh pihak-pihak lain atau sponsor dan karya yang telah terwujud akan benar-benar dapat dinikmati oleh orang banyak.

0 Response to "Perry Chen, Berawal dari Waiter Menjadi Orang Paling Berpengaruh di Dunia"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.