Info Baru
Loading...

Cara Backup & Transfer Percakapan di WhatsApp

WartaIPTEK.com - Tak dipungkiri lagi, WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang wajib diinstal di smartphone. Salah satu alasan utamanya adalah aplikasi ini sudah multiplatform, serta memiliki respon pengiriman pesan yang baik (walau tetap bergantung ke kualitas konektivifas).

Nah, ketika suatu saat, Anda membeli sebuah smartphone baru yang tentunya menginginkan semua hal yang berkaitan dengan WhatsApp akan tetap dibawa dari smartphone lama. Untuk nomor dan kontak termasuk mudah karena Anda cukup memindahkan kartu SIM dan backup kontak di microSD. Tetapi bagaimana dengan percakapan yang telah Anda lakukan dengan kontak-kontak sebelumnya?


Bagi beberapa orang mungkin tak masalah. Tetapi bagi Anda yang sering bercakap-cakap dengan calon pacar misalnya, pasti percakapan romantis yang telah dilakukan akan membawa kesan tersendiri. Oleh karena itu tak ingin sepenuhnya hilang bukan? Tenang saja, untungnya terdapat cara mentransfer percakapan lama di WhatsApp ke smartphone baru.

Berikut ini akan diuraikan cara backup & transfer percakapan di WhatsApp
  • Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan backup dari percakapan yang telah dilakukan pada smartphone lama. Akses menu "Settings" dari WhatsApp terlebih dahulu, kemudian pilih opsi "Chat settings." 
  • Selanjutnya tap opsi "Backup conversations" untuk melakukan proses backup.
  • Hubungkan smartphone lama Anda ke PC menggunakan kabel data dan akses direktori memory internal dan telusuri folder WhatsApp/Databases.
  • Di dalamnya terdapat daftar file backup dengan informasi tanggal waktu backup. Contohnya adalah "msgstore-2013-05-29db.crypt". Salin file dengan informasi tanggal terakhir, mengartikan file terakhir yang dibackup oleh WhatsApp, dalam hal ini oleh Anda ke PC.
  • Selanjutnya beralih ke smartphone baru, instal WhatsApp tetapi setelah itu jangan dijalankan terlebih dahulu. Proses penginstalan diperlukan agar direktori WhatsApp/Databases terbentuk.
  • Hubungkan smartphone baru ke PC. Jika Anda lihat folder Databases belum ada, silakan buat secara manual menggunakan file manager. Salin file backup yang telah disimpan di PC ke dalam folder Databases.
  • Jalankan WhatsApp pada smartphone baru dan verifikasi nomor ponsel Anda. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa terdapat file backup yang ditemukan. tap "Restore" dan selesai, percakapan di smartphone lama akan ditampilkan.
Demikianlah 7 cara backup & transfer percakapan di WhatsApp. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Backup & Transfer Percakapan di WhatsApp"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.