Info Baru
Loading...

Utricularia, Tanaman Air Pemakan Serangga

WartaIPTEK.com - Di daratan kita mengenal "Kantong Semar (Nepenthes)" sebagai tanaman yang dengan alat tertentu dapat memakan serangga. Kejadian semacam itu dijumpai juga pada jenis-jenis tanaman yang hidup di dalam air. Tanaman dimaksud yang akan diulas kali ini adalah tanaman yang dikenal dengan nama Rumput Gelembung atau Utricularia.

Tumbuh-tumbuhan yang hidup di perairan seperti danau dan rawa-rawa ini tidak memiliki akar. Pada jenis yang tumbuh di tempat-tempat becek, akar tanamannya masih ada. Jenis tanaman yang hidup di air sangat kecil.

Alat penangkap serangga yang dimilikinya berupa gelembung-gelembung berisi air. Gelembung dibentuk oleh daun-daun tertentu yang telah mengalami perobahan-perobahan. Alat-alat ini dinamakan utrikulus yang berarti kantong kecil. Tanamannya disebut Utricularia, termasuk golongan tumbuh-tumbuhan berkeping dua.

Utrikulusnya atau gelembung air dari tanaman ini mempunyai lubang yang memiliki bagian-bagian semacam daun pintunya. Daun pintu hanya dapat membuka dengan arah ke dalam saja. Pada dinding luar gelembung, lebih-lebih di sekitar lubang, terdapat bulu-bulu halus yang sangat banyak jumlahnya.

Manakala ada serangga air yang berenang-renang mendekat dan kemudian menyentuh bulu-bulunya, maka gelembung itu segera membesar. Kelep atau daun pintu akan membuka dengan sendirinya. Karena membesarnya gelembung dan membukanya daun pintu maka serangga air itu pun masuk bersama-sama dengan aliran air yang terhisap ke dalamnya. Nah, binatang akan terjebak di dalam kantong. Pintu pun segera menutup kembali dan si korban tak berkutik lagi lalu mati dan lama-lama hancur diserap utrikulus.

Besarnya gelembung (utrikulus) kira-kira 2,5 cm. Dinding dalamnya mempunyai bulu-bulu halus dan mengandung kelenjar yang dapat menghasilkan cairan penghancur. Proses penghancuran terjadi secara kimiawi.

Selain serangga air, maka binatang-binatang kecil lainnya yang sering terjebak adalah udang kara, kutu air, lalat air, cacing-cacing berenang, dan larva-larva hewan air lainnya.

Daun dari tanaman Utricularia yang tidak mengalami perubahan bentuk, mempunyai bangun sederhana seperti jarum. Ada bagian-bagian yang terangkat oleh cabang ke atas permukaan air. Hanya daun-daun yang berada di dalam air dapat membentuk utrikulus atau gelembung.

Tanaman Utricularia banyak sekali jenisnya. Ada yang dimanfaatkan orang sebagai tanaman hias, terutama dari jenis yang ukuran tubuh atau tangkainya besar. Yang kecil dapat dijadikan tanaman akuarium untuk melengkapi tumbuh-tumbuhan air lainnya. Akuarium dengan ikan-ikan hias yang berwarna-warni akan bertambah menarik dengan kehadiran utriculus ini. Di dalam akuarium, peristiwa-peristiwa yang digambarkan di atas mengenai ultriculus yang menangkap serangga air dapat langsung kita amati.

0 Response to "Utricularia, Tanaman Air Pemakan Serangga"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.