CCTV Sang Kamera Pengintai

WartaIPTEK.com - Seorang remaja yang ketahuan ngutil di sebuah supermarket diciduk petugas keamanan setempat. Remaja tersebut kaget, kesal, juga setengah bingung menerima fakta perbuatannya itu bisa ketahuan orang lain. Padahal, saat dia mengambil sebatang coklat dari rak makanan beberapa menit yang lalu, dia yakin sekali kalau tidak ada orang yang lagi memerhatikannya. Lorong tempat dia mengambil barang tersebut sepi, dan letaknya di sudut. Tersembunyi dari pengamatan orang lain. Lagian, kala itu supermarket tersebut masih sepi pengunjung. Jadi dia hanya perlu mewaspadai pengawas supermarket yang jumlahnya sedikit.

He he he, naas sekali, yah? Rupanya dia belum kenalan dengan teknologi bernama CCTV. Dengan CCTV, pengutil seperti dia, tidak akan lolos dari pengawasan setiap saat, dan mengutil pun akan jadi susah buat dikerjakan. Yuk, ah, kita kenalan dengan CCTV.

CCTV adalah singkatan dari Closed-Circuit Television, ini adalah penggunaan kamera televisi untuk fungsi pengawasan. Bedanya CCTV dengan siaran televisi biasa, CCTV tidak akan menayangkan tayangan TV normal seperti siaran langsung Piala Dunia atau sinetron. Yang ditayangkan CCTV adalah hasil pengawasan kamera-kamera yang diletakkan untuk keperluan pengamanan. Biasanya ditaruh di bank, supermarket, sarana militer, dan tempat-tempat lain yang memerlukan banyak "mata-mata" untuk mengawasi orang.



Awalnya, CCTV ini digunakan pada bank-bank di Amerika yang (katanya) dulu sering sekali dirampok penjahat. Dengan adanya CCTV ini diharapkan mampu membuat para penjahat buat mikir dua kali sebelum merampok sebuah bank. Selain itu juga, terbukti beberapa kasus kejahatan atau terorisme mendapatkan bantuan yang signifikan dari rekaman dari CCTV. Mungkin Anda masih ingat peristiwa peledakan bom di beberapa tempat di Indonesia beberapa waktu lalu? Para pelakunya bisa diidentifikasi dari hasil rekaman CCTV kamera keamanan yang terdapat di gedung tersebut.

Dalam CCTV, kamera-kamera pengintai yang disebar di daerah tertentu dihubungkan dengan layar monitor yang dapat langsung melihat keadaan suatu area secara visual (mungkin juga dengan dukungan audio). Biasanya ada sebuah monitor station yang menjadi tempat untuk memonitor semua kamera yang tersebar. Kalau Anda suka nonton film-film tentang perampokan bank, pasti suka diperlihatkan kalau selalu ada seorang petugas yang bekerja memonitor kamera-kamera CCTV untuk mernerhatikan hal-hal yang mencurigakan.

CCTV juga digunakan sebagai pengamat kondisi lalu lintas. Beberapa spot strategis di Jakarta seperti Bunderan HI sudah dilengkapi dengan CCTV untuk memonitor kondisi di daerah tersebut. Jadi, kalau ada kemacetan mendadak, atau bahkan ada kejadian lain yang perlu untuk ditanganai, aparat yang berwajib bisa langsung menanganinya dengan segera.

Wah, nampak sangat bermanfaat sekali yah teknologi CCTV ini. Yap, benar sekali! Namun, di luar negeri, CCTV pernah menjadi polemik dan sering dikaitkan dengan isu-isu privasi orang. Bagaimana tidak, kadang-kadang CCTV ini memang suka disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab. Para selebriti di Hollywood sudah banyak yang jadi korban. Paris Hilton, misalnya. Bintang serial TV "Simple Life" ini pernah bermasalah dengan sebuah hotel gara-gara kegiatan pribadinya yang terekam CCTV hotel tersebut tersiar di internet! Bagaimana tidak sebel? Rekaman CCTV adegan Paris yang sedang mesra-mesraan dengan pacarnya di lorong hotel bisa didownload secara gratis di internet gara-gara hal itu.

Masalah privasi ini sendiri juga pernah disindir sineas Amerika Tony Scott, dalam film "Enemy of The State" yang dibintangi oleh Will Smith. Di sini diceritakan bagimana privasi orang itu sudah benar-benar tidak dihargai pemerintah Amrik dengan berbagai peranti pengawasannya, seperti penyadap telefon, dan juga CCTV.

Ya, memang di mana-mana teknologi itu selalu ada dampak baik dan dampak buruknya. Memang tergantung sekali dari manusia yang menggunakan teknologi tersebut. Yang pasti, Anda jangan sekali-kali nyoba buat ngutil! Selain memang dosa dan perbuatan tersebut salah, kalau tempat Anda ngutil tersebut dipersenjatai CCTV, wah pasti perbuatan Anda itu akan ketahuan.

0 Response to "CCTV Sang Kamera Pengintai"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.