10 Tips Membangun Website di Wordpress

WartaIPTEK.com - Sebuah website menjadi salah satu kebutuhan bagi pengguna internet. Entah unruk mencari informasi atau menyebarkan informasi, Selain menyebarkan melalui sosial media, para netizen biasnaya menyebarkan informasi melaiui sebuah website.

Website saat ini kegunaannya sudah sangat beragam, salah satu yang paling sering kita jumpai adalah website company profile atau website toko online. Kemudahan membuatnya juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang ingin berbisnis online melalui sebuah website. Sekalipun tidak memiliki keahlian dalam menuliskan kode program, para pebisnis online ini bisa membuat website di media yang sudah banyak disediakan, seperti Blogspot dan juga Wordpress. Nah, kali ini, Anda akan diantar untuk menemukan tips yang mudah dalam membangun website melalui media Wordpress dengan lebih sederhana tapi tetap menarik.


Inilah 10 tips membangun website di WordPress.
1. Keep It simple
Sebagai seorang pemula yang ingin membangun sebuah website, Wordpress memang mudah untuk digunakan. Selain itu pilihan template gratisnya masih sangat banyak. Tapi untuk seorang pemula, sebaiknya membuat website dan konten didalamnya dengan sesederhana mungkin. Sebelum Anda mempublikasikan website Anda, pastikan Anda tahu apa yang akan dan harus Anda tampilkan dan tidak Anda tampilkan, Buatlah konsep yang sesuai degan apa yang akan Anda jual atau Anda sampaikan. Jangan memilih template yang rumit. Buatlah tampilan yang menarik tapi tetap bergaya.

2. Buatlah semenarik mungkin
Untuk mengundang netizen untuk datang mengunjungi website Anda, buatlah website Anda sebagai tempat yang nyaman untuk mereka. Jika Anda ingin menyampaikan informasi, buatlah mereka nyaman dan mudah menemukan informasi yang mereka inginkan. Pemilihan background, warna, penggunaan jenis huruf dan icon juga harus diperhatikan. Luangkan waktu Anda untuk memilih template apa yang cocok untuk konsep website Anda.

3. Jangan memperlambatnya
Ada banyak website yang menarik perhatian netizen, tapi tidak jarang yang mempertimbangkan optimasi kecepatan bagi website mereka. Mereka sering menambahkan banyak plugin dengan scrolling yang berlebihan, sehingga memperlambat kinerja dari website mereka. Pemilihan konten juga mempengaruhi cepat atau lambatnya dari kinerja website. Setiap ingin memposting sebuah konten, pastikan konten seperti gambar dan video sudah terkonversi dengan tepat dan mampu menjadi daya tarik tanpa merugikan Anda sebagai pemilik website.

4. Berikan navigasi yang jelas
Jika website Anda digunakan untuk berjualan, tentu akan ada sebuah tombol atau navigasi yang nantinya digunakan sebagai media untuk membeli produk Anda. Buatlah tombol atau navigasi yang jelas dan menarik bagi pengunjung website Anda. Selain itu, penempatan menu penting lain harus diperhatikan. Letak, jarak dan ukuran harus menarik dan jelas. Kita harus memfasilitasi pengunjung untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kita dan keluar tanpa hambatan apapun. Anda bisa mengundang pengguna websitte Anda kembali dengan berbagai kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di website Anda.

5. Gunakan kata kunci yang sesuai
Wordpress memberikan kemudahan bagi kita yang ingin melakukan branding melalui sebuah website. Wordpress memberikan banyak kesempatan untuk kita menggunakan kata kunci yang sesuai dengan apa yang sedang kita bangun. Bagi Anda yang bergulat dengan SEO untuk meningkatkan branding bisnis, Wordpress memberikan fasilitas bagi Anda. Misalnya Anda dapat menggunakan plugin All In One SEO pack untuk mengoptimalkan penggunaan kata kunci bisnis Anda pada konten yang Anda buat. Berbagai fitur pada postingan konten akan membantu Anda dalam mengoptimalkan penggunaan kata kunci.
 
6. Lengkapi dengan plugin
Bagi pengguna Wordpress, mereka bebas dan mudah untuk menambahkan plugin yang dibutuhkan. Terlebih bagi mereka yang membeli sebuah situs di Wordpress. Yang perlu dilakukan adalah dengan mencari plugin apa yang Anda butuhkan di Google. Beberapa merekomendarikan plugin terpopuler bagi sebuah website, seperti All In One SEO, Robots Meta dan Google XML yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan SEO bagi website Anda. Ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan website Anda. Tapi ingat jangan menambahkan plugin yang tidak benar-benar dibutuhkan karena itu justru akan menjatuhkan fungsi dan keunggulan dari website Anda.

7. Desainlah sekalipun tanpa desainer
Untuk mengoptimalkan website Anda, sebenarnya Anda dapat melakukannya sendiri. Namun terlebih dahulu Anda harus rnelakukan riset, hingga mendapati apa yang bisa Anda kerjakan sendiri tanpa bantuan siapapun. Seperti ketika Anda ingin mendesain website Anda sendiri. Anda bisa menggunakan Themeforest.net yang didalamnya terdapat jutaan template Wordpress premium yang berfungsi sebagai dasar dari desain Anda.

8. Permalinks
Salah satu hal yang penting tapi sering luput dari perhatian pengguna Wordpress adalah adanya permalink Wordpress. Tips lain yang bagus untuk menggunakan Wordpress adalah mengubah permalinks untuk memasukkan kata kunci. Ketika Anda memulai sebuah blog, Wordpress secara otomatis diatur untuk memiliki URL yang memiliki jumlah post tertentu didalamnya. Sebaliknya, Anda bisa mengubah untuk memasukkan judul dari blog Anda yang disesuaikan dengan SEO yang akan Anda gunakan.

9. Promosikan website Anda
Setelah Anda yakin dengan website yang Anda buat, Anda bisa mempromosikannya ke berbagai media yang Anda gunakan. Salah satu yang paling mudah untuk ditemukan adalah ketika website Anda menggunakan nama domain pribadi. Anda bisa mempromosikannya di berbagai sosial media yang sudah tersedia, seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Arahkan link yang Anda buat ke halaman website Anda. Anda juga bisa menampilkan sedikit screenshot dari website yang Anda miliki. Buatlah semenarik mungkin promosi website Anda, agar banyak orang yang mengenal website Anda.

10. Tunjukkan bahwa website Anda bukan hanya sekedar website Wordpress
Tidak jarang orang enggan mengunjungi website Anda kembali karena mereka hanya menganggap bahwa website Anda adalah website Wordpress biasa. Anda bisa memperbaikinya dan menunjukkan kepada pengunjung website Anda, bahwa ini bukanlah website Wordpress biasa. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus beberapa fitur yang menunjukkan bahwa itu adalah website Wordpress, seperti yang terdapat di bagian footer dari website. Hapuslah bebera kata atau bagian dari footer yang menunjukkan bahwa itu adalah bagian dari website Wordpress. Anda bisa menggantinya dengan fitur lain yang sesuai dengan website Anda.

Nah, bagaimana para pembaca sekalian? Sudahkah Anda mendapat bayangan tentang menciptakan sebuah halaman website dari Wordpress yang menarik dan benar-benar berfungsi bagi tujuan Anda? Keep it writing.

0 Response to "10 Tips Membangun Website di Wordpress"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.