Peta Mudik, Aplikasi Ponsel Untuk Cari Rute Mudik Selama Lebaran

WartaIPTEK.com - Berkumpul bersama keluarga di hari raya merupakan suatu hal yang indah. Beberapa orang akan berjuang sekuat tenaga untuk bisa sampai ke kampung halaman. Mulai dari mencari tiket pesawat sampai menggunakan kendaraan pribadi. Melihat antusias yang besar terhadap ritual mudik ini, hadir sebuah aplikasi yang bisa memudahkan Anda. Ya, berlabel Peta Mudik, aplikasi ini hadir dengan beragam fitur yang siap membantu kita dalam perjalanan mudik nanti. 

Peta Mudik tampil penuh warna dengan aksen kotak-kotak yang tegas. Seluruh fiturnya disediakan di halaman utama dengan banyak sekali pilihan. Cukup ramah di mata dan mudah untuk dioperasikan. Di halaman utama langsung disajikan beragam fitur yang ringkas. Mulai dari rute mudik, peta interaktif, informasi terkini, sampai streaming televisi. Sedangkan di sisi kiri dan kanan layar terdapat menu-menu dari Peta Mudik.

Peta mudik memiliki fitur yang akan berguna di saat mudik nanti. Mulai dari rute mudik, peta interaktif, informasi terkini, rombongan, info penting, berbagi informasi, hingga streaming salah satu televisi swasta, Metro TV. Seluruh fitur bisa diakses jika kita membuat akun di aplikasi ini.

Rute mudik merupakan fitur yang akan memudahkan kita dalam mencari jalur yang pas untuk melakukan perjalanan mudik. Di fitur ini kita bisa memilih, ingin lewat jalur utama atau jalur alternatif. Semua pilihan tersebut akan terpampang di layar smartphone. Sayangnya, rute yang tersedia tidak interaktif, cenderung seperti rute konvensional yang didigitalkan. Fitur ini tidak bisa memberitahu dimana kita berada. Terlebih, fitur ini terbatas pada rute di Pulau Jawa dan Pulau Surnatera saja. Padahal Indonesia lebih dari itu.

Selain fitur rute mudik, terdapat pula fitur peta interaktif. Fitur ini memiliki tampilan sedikit mirip seperti Google Maps. Cukup interaktif karena peta ini akan mengakses GPS di smartphone dan bisa mengetahui posisi diri berada. Dari fitur ini pula Anda bisa mengetahui letak jalan tol, jalan utama, maupun jalan alternatif. Seperti namanya, fitur ini hanya bisa berfungsi sebagai peta bukan navigator. Jadi jangan berharap banyak pada fitur ini.

Salah satu fitur yang paling berguna di aplikasi ini adalah fitur Cari Tempat. Di fitur cari tempat ini, pengguna bisa menemukan tempat penting di sekitar kita seperti hotel, ATM, masjid, wisata, pusat oleh-oleh, bengkel, minimarket, kantor polisi, bank, rumah makan, posko mudik, rest area, rumah sakit, pom bensin, klinik, bahkan terminal bus sekalipun. Tidak hanya itu, fitur cari tempat ini terintegrasi dengan navigasi yang ada aplikasi Google Maps yang ada di ponsel. Tentunya hal ini semakin mempermudah kita menuju tempat tersebut.

Selain beberapa fitur di atas, terdapat pula fitur-fitur yang memungkinkan kita untuk berbagi informasi kepada pengguna lain. Fitur ini dinamakan berbagi info dan Whatsapp Metro TV. Dengan fitur ini, kita bisa berbagi informasi seputar mudik ke pengguna Peta Mudik lain. Sedangkan informasi dari pengguna lain bisa kita baca melalui fitur info terkini.

Jika kita melaksanakan ritual mudik secara berkelompok, aplikasi ini memiliki fitur yang memudahkan kita berinteraksi dengan kelompok tersebut. Fitur ini diberi nama Rombongan. Dengan Rombongan, kita bisa terkumpul dalam satu forum untuk berbagi informasi maupun bercakap antar orang di tiap kendaraan. Semacam grup pada aplikasi pesan instan. Syaratnya hanya satu, setiap orang harus memiliki akun terlebih dahulu di aplikasi Peta Mudik.

Aplikasi ini juga memiliki jadwal sholat lima waktu yang disertai dengan nomor-nomor darurat. Selain itu terdapat pula fitur untuk menonton siaran langsung dari salah satu tv swasta, Metro TV. Fitur-fitur yang cukup berguna di saat mudik. 

Jika Anda menggunakan Isuzu saat mudik, ada satu fitur berguna untuk Anda. Peta Mudik memiliki fitur yang namanya Isuzu mu-x yang akan menampilkan di mana saja lokasi bengkel Isuzu terdekat.

Sayangnya masih ada beberapa fitur yang tidak berfungsi di antaranya adalah monitor mudik dan kejutan mudik. Tetapi secara keseluruhan, aplikasi ini memang memberikan fitur-fitur yang cukup membantu di perjalanan mudik Anda.

Peta Mudik memiliki ukuran 18.66 MB yang bisa Anda unduh gartis di Playstore atau di sini. Tetapi jika sudah digunakan, aplikasi ini akan memakan storage kurang lebih 42 MB. Masih cukup masuk akal karena aplikasi ini tidak hanya memiliki satu atau dua fitur saja. 

Saat pertama mendengar Peta Mudik, yang terbayang adalah suatu aplikasi navigasi yang bisa mengantar kita menuju kampung halaman. Sayangnya, tidak demikian. Memang aplikasi ini memiliki fitur Rute Mudik. Tetapi fitur itu tak lebih dari peta yang didigitalkan, bukan sebuah: navigasi.

Fitur Berbagi Info dirasa cukup berguna untuk saling tukar informasi antar pemudik. Selain itu, beberapa fitur yang cukup inovatif adalah fitur Info Penting, Cari Tempat dan streaming televisi.

Peta Mudik menawarkan fitur-fitur menarik selama perjalanan mudik. Salah satu fiturnya adalah Rute Mudik. Fitur ini cukup berguna untuk Anda yang baru pertama kali melakukan mudik menggunakan kendaraan sendiri. Meskipun fitur yang ditawarkan hanya berupa peta. Masih ada beberapa aplikasi yang menawarkan lebih dari itu. Waze misalnya, yang bisa menavigasikan kita sampai ke tempat tujuan. [Source : Sinyal]

0 Response to "Peta Mudik, Aplikasi Ponsel Untuk Cari Rute Mudik Selama Lebaran"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.