Info Baru
Loading...

Cara Bijak Backup Data Ponsel Cerdas Dari Komputer

WartaIPTEK.com - Ponsel kini kerap digunakan oleh user untuk menyimpan data-data termasuk data yang bersifat penting. Hal ini tentu tidak mengherankan, pasalnya saat ini ponsel digunakan untuk mengakses e-mail, men-download file hingga transaksi perbankan.

Di Android atau iOS kini sudah tersedia fitur backup data secara online, baik melalui program tambahan atau layanan internal yang disediakan. Meskipun demikian, tidak semua orang mau menggunakan layanan online ini. Ketakutan akan dijebol orang mungkin menjadi salah satu alasan yang logis jika terdapat user yang tidak menggunakan layanan backup secara online.

4 aplikasi berikut ini dapat Anda gunakan untuk keperluan mem-backup data dari p&nsel ke komputer, mengembalikan file yang hilang dari ponsel, mengatur aplikasi yang ter-install, serta untuk keperluan mentransfer file-file Anda hanya melalui Wi-Fi. 

Syncios
Ingin mentransfer aplikasi, foto, musik, video atau e-book dari atau ke ponsel Anda? Aplikasi ini dapat digunakan pada komputer Anda untuk dihubungkan ke ponsel iOS atau Android. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu Anda dapat import, export atau menghapus file di ponsel, install, uninstall hingga membuat backup dari aplikasi. Anda bahkan dapat mengakses kontak, note, bookmark, catatan panggilan dan pesan SMS. Tersedia juga fitur Data Recovery untuk mencari kontak, pesan SMS, foto dan file lainnya yang telah terhapus dari ponsel.

AirDroid
Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu mengontrol ponsel dari komputer menggunakan koneksi Wi-Fi. Anda dapat melihat layar ponsel, menerima notifikasi, membalas SMS atau menjalankan aplikasi yang semuanya dilakukan dari komputer. Anda juga dapat mentransfer file dengan aplikasi yang dapat berjalan di Android ini. Dibutuhkan aplikasi AirDroid Sister app yang di-install dart Google Play untuk koneksitas ponsel ke komputer melalui jaringan Wi-Fi.
Samsung Smart Switch
Jika Anda mulai beralih menggunakan ponsel Samsung dari merk ponsel lain dan data Anda tetap ingin diakses di ponsel Samsung maka aplikasi ini dapat menjadi solusi yang tepat. Prosedur pertama, yaitu dengan mem-backup data dari ponsel lama seperti kontak, pesan SMS, foto, musik, wallpaper, kalender, memo, video, catatan panggilan dan bookmarks. Setelah data lama selesai disimpan di komputer, barulah data-data tersebut akan di-restore ke ponsel Samsung Anda. Meskipun tidak selalu kompatibel dengan semua jenis ponsel, aplikasi ini memudahkan proses transfer dengan beberapa kali klik saja.

DAEMON Sync
Aplikasi ini bersifat sebagai server, dan ponsel sebagai client-nya. Jadi, kapan saja Anda dapat menyinkronkan data dari ponsel ke komputer melalui jaringan Wi-Fi menggunakan PIN. Aplikasi ini mendukung sistem operasi Android dan iOS. Daemon Sync dapat berkomunikasi dan melakukan sinkronisasi dengan beberapa ponsel sekaligus. Jika Anda mencari cara mengosongkan space ponsel dengan cepat, cukup transfer file via Wi-Fi ke komputer dan langsung hapus file tersebut di ponsel.

0 Response to "Cara Bijak Backup Data Ponsel Cerdas Dari Komputer"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.