Info Baru
Loading...

Yuk, Pahami Arti Kode BSOD

WartaIPTEK.com - Pernahkah Anda melihat tampilan layar monitor Anda tiba-tiba menjadi biru lalu muncul kalimat gak karuan yang mengindikasikan bahwa sistem PC Anda sedang mengalami trouble. Kasus seperti ini disebut Blue Screen Of Death atau BS0D.

Sedikit orang yang mengerti kasus-kasus seperti ini. Biasanya, tahunya langsung panik dan sesegera mungkin memanggil teknisi atau teman yang mengerti soal komputer.

Berikut akan diberikan beberapa tips kecil yang akan memberikan Anda sedikit pengetahuan sebenarnya apa yang terjadi pada PC Anda ketika muncul layar biru seperti ini. 

NTFS_FILE__SYSTEM
Pesan ini biasanya disebabkan oleh gejala kerusakan pada harddisk. Bisa Anda cek dengan menjalankan perintah command prompt: chkdsk/r. Segera lakukan backup bila perlu untuk menghindari harddisk yang benar-benar rusak.

KMODE_EXCE PTION_NOT_HANDLED
Pesan ini terjadi biasanya disebabkan pada kesalahan konfigurasi komponen hardware. Langkah paling cepat untuk menyelesaikan problem ini adalah dengan men-disable driver.

Kapasitas harddisk yang tidak mencukupi juga bisa memunculkan masalah ini. Jadi pastikan Anda selalu rajin membuang file-file sampah yang tidak perlu, mendefrag harddisk, atau mem-backup data harddisk Anda.

DRI VER__IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL
Jika pesan ini yang muncul, biasanya terjadi masalah pada driver atau munculnya konflik hardware. Seringkali terjadi saat pemasangan komponen baru pada PC Anda.

Untuk menormalkannyi, hal pertama yang mungkin bisa Anda lakukan adalah dengan melepas semua komponen dan kabel-kabel yang ada dari semua hardware lalu pasang kembali.

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Jika pesan ini yang muncul, maka indikasinya adalah harddisk atau sistem operasi yang tidak terbaca. Pastikan semua kabel power dan kabel data terhubung dengan baik. Dan detek ulang harddisk Anda via BIOS bila perlu. Atau kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah karena virus yang telah merighapus boot sector.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Biasanya pesan ini timbul setelah instalasi driver VGA. Jadi pastikan Anda menginstall driver VGA yang betul sebelum Anda memasang VGA baru atau mengupgrade driver lama.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP atau NMI_HARDWARE_FAILURE
Permasalahan ini biasanya berkutat pada memori. Pastikan ketika membeli memori/RAM lebih dari 1 keping Anda pastikan dulu tipe, jenis, dan kecepatannya. Masuklah ke BIOS bila perlu untuk melihat apakah memori timingnya sudah sesuai atau tidak.

Atau, bila Anda merasa konfigurasi RAM sudah benar, Anda bisa mencabut semua keping RAM Anda dan bersihkan dari debu, termasuk slotnya juga. Kalau sudah, pasang kembali.

BAD_POOL_HEADER
Terjadinya perubahan pada sistem PC Anda bisa menyebabkan masalah ini. Bisa terjadi karena salah pasang driver, instalasi aplikasi tertentu, atau permasalahan pada sistem NTFS.

Bisa diselesaikan dengan melakukan restore system pada safe mode windows. Kembali ke tanggal di mana Anda terakhir melihat sistem paling baik dari PC Anda.

Pastikan juga Anda memasang driver yang tepat ketika akan menginstall driver tertentu. Lakukan update bila perlu.

KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR
Pesan ini muncul karena sistem tidak mampu membaca data kernel dari swap file. Atau bisa juga disebabkan oleh PAGEFILE.SYS yang korup akibat bad sector. Prosesor bermasalah, RAM rusak, atau virus juga bisa mengakibatkan masalah ini.

REGISTRY_ERROR
Sudah jelas kalau muncul pesan ini, maka PC Anda telah mengalami kegagalan registry. Lakukan restart dan masuk ke dalam safe mode. Lalu jalankan command prompt dengan mengetikkan perintah chkdsk /r.

0 Response to "Yuk, Pahami Arti Kode BSOD"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.