Cara Menjaga Kesehatan dan Performa Harddisk

WartaIPTEK.com - Meski sekarang telah hadir SSD (Solid State Disk) sebagai media penyimpan data terbaru, tetapi harddisk masih banyak digunakan. Kesehatan dan performa harddisk sedikit banyak juga mempengaruhi satu kinerja dari PC/komputer itu sendiri. Meski semua mesin pendukung punya performa bagus, tetapi kalau harddisk kurang mendukung, maka performa PC secara keseluruhan pun tetap kurang maksimal.


Untuk itu Anda perlu menjaga performa harddisk agar bekerja lebih baik. Dibawah ini ada beberapa tips ringan untuk meningkatkan performa komputer dari sisi hardisk.
  • Biasanya bila harddisk Anda hampir penuh, maka waktu responnya akan lambat. Pertama gunakan tool Disk Cleanup untuk menghapus file lama dan mengompresi file yang ingin Anda simpan. Setelah melakukannya, hapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan menggunakan Add or Remove Programs.
  • Defrag harddisk secara rutin, terutama jika. Anda baru melakukan pembersihan besar-besaran. Anda akan merasakan peningkatan setelah itu selesai dilakukan. Defrag akan mengurutkan ulang data pada harddisk, menempatkan blok data secara berdampirigan, dan mempercepat waktu perilarian.
  • Pindahkan folder pint spool ke drive lain untuk mempercepat pencetakan. Buat folder baru pada drive lain. Buka Printer and Faxes pada Control Panel, klik File, Server Properties, pilih tab Advanced, dan kemudian ada folder Spool masukkan lokasi yang baru.
  • Write caching memungkin data ditulis ke cache dan disimpan di harddisk pada waktu idle. Pada Device Manager klik kanan harddisk Anda dan pilih Properties. Pilih tab Properties dan klik "Enable write caching on the disk".
  • Pengindeksan harddisk mempercepat waktu pencarian, tetapi jika dilakukan beberapa pencarian, maka harddisk akan menjadi lambat dan mempengaruhi pekerjaan yang lain. Pada My Computer, klik kanan drive C, pilih Properties. Hilangkan tanda centang (V) pada 'Allow Indexing. Sercive'.
  • Percepat waktu startup dengan mengurangi beban yang diberikan ke harddisk, Gunakan System Configuration utility (msconfig) untuk menghapus item yang tidak dibutuhkan pada startup, tetapi biarkan program penting seperti antivirus.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan dan Performa Harddisk"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.