Info Baru
Loading...

Panasonic Toughpad FZ-F1, Ponsel Tangguh Dengan Sederet Perlindungan

WartaIPTEK.com - Sesuai dengan namanya, ponsel terbaru besutan Panasonic ini memang kuat. Ponsel satu ini sudah dibekali dengan berbagai macam sertifikasi yang biasanya dipakai di ponsel-ponsel premium di tanah air.

Panasonic Toughpad sudah membawa sertifikasi IPx5, IPx6, IPx7, dan MILITARY-STD-81OG. Yang pasti, dengan berbekal segambreng sertifikasi ini, pengguna tak perlu lagi khawatir sekalipun membawa ponsel ini untuk berpetualang di luar ruangan.


IP atau IP Code merupakan kependekan dari International Protection Marking. Kebijakan ini dikeluarkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC). Sejatinya, IP Code bukan hanya diterapkan di ponsel saja, tetapi juga di berbagai peralatan elektronik lainnya.

IPx5 dan IPx7 merupakan jenis perlindungan terhadap serangan air, IPx5 merupakan perlindungan terhadap semprotan air dari sisi manapun. Pengujiannya dilakukan dengan menyemprotkan air bertekanan 30kPa atau setara dengan 12,5 liter per menit dengan jarak tiga meter selama tiga menit. Ponsel berproteksi IPx5 diklaim tahan dengan semprotan air, dari water jet misalnya.

Sementara sertifikasi IPx7 merupakan perlindungan terhadap masuknya air ke perangkat tertentu dengan kedalaman maksimal 1 meter. Pengujian dilakukan dengan merendam perangkat pada kedalaman tertentu selama 30 menit.

Lain halnya dengan IPx6. Perlindungan ini membuat sebuah perangkat tahan terhadap serangan debu. Bahkan diklaim tidak akan bisa ditembus sama sekali oleh debu. Di pertahanan terhadap partikel solid, IPx6 juaranya.

Sementara MILITARY-STD-81 OG merupakan standar militer AS yang melindungi perangkat dari unsur-unsur lingkungan debu, hujan, getaran, garam bahkan cuaca yang ekstrim.

Biasanya, pertahanan-pertahanan tersebut diberikan pada ponsel-ponsel premium yang beredar di pasar. Panasonic akhirnya menjadi salah satu jajaran ponsel dengan perlindungan tarlengkap. Selain sederet perlindungan yang diberikan, Panasonic juga menyediakan baterai tambahan sebesar 6400 mAh. Memang benar-benar kuat.

0 Response to "Panasonic Toughpad FZ-F1, Ponsel Tangguh Dengan Sederet Perlindungan"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.