11 Kiat Tutup Aplikasi Boros Baterai Di Background

WartaIPTEK.com - Kebanyakan aplikasi Android bekerja di background sistem untuk melakukan sinkronisasi data, mengecek lokasi, dan menjalankan berbagai aktivitas lainnya. Aktivitas di background ini dapat aktif kapan saja dan akan berlanjut aktif di background bahkan jika Anda sedang tidak menggunakan aplikasi. 

Tentunya aktivitas di background sistem tersebut sangat berpengaruh pada daya tahan baterai. Karena semakin sering aktivitas tersebut aktif, jelasnya akan membebani baterai, bahkan pada saat layar mati sekalipun.

Developer Fransisco Franco yang sudah terkenal melalui beberapa custom kernelnya memberikan solusi untuk hal tersebut. Ia menciptakan aplikasi yang secara otomatis dapat menonaktifkan aktivitas aplikasi di background dalam interval tertentu. Hasilnya jelas, daya tahan baterai Anda akan menjadi lebih lama dibanding biasanya.

  1. Yang perlu dicatat adalah Anda memerlukan hak akses root untuk langkah ini. Jika sudah instal aplikasi Servicely.
  2. Saat pertama kali Anda menjalankan Servicely, aplikasi akan meminta hak akses root. Berikan dengan menekan tombol Grant.
  3. Selanjutnya Anda akan dibawa ke menu utama.
  4. Geser slider di sudut kanan atas ke kanan untuk mengaktifkan Servicely.
  5. Pada titik ini Anda perlu memilih beberapa aplikasi yang aktivitasnya ingin Anda nonaktifkan pada background. Tap opsi "Add a new app to the hit-list" untuk melakukannya.
  6. Di sini Anda akan dibawa ke semua aktivitas aplikasi di background (istilahnya adalah services) yang sedang berjalan. Versi gratis dari Servicely hanya memungkinkan Anda untuk memilih 3 services saja yang selanjutnya dapat dinonaktifkan (kill) pada interval tertentu.
  7. Sedangkan untuk versi berbayar, Anda dapat memilih services dengan jumlah tak terbatas. Untuk services yang Anda pilih, pastikan Anda tidak memerlukannya. Aplikasi akan menampilkan informasi services mana saja yang berpotensi untuk aktif secara otomatis melalui teks merah' "Can wake-up the device" di bawah tiap services. Dalam contoh ini yang dipilih adalah Calendar dan Chrome karena kedua aplikasi ini sebenarnya hanya diperlukan saat-saat tertentu saja.
  8. Dari menu utama Servicely, tap opsi "Interval period between checks" untuk rrrengubah frekuensi kapan Servicely akan rnengecek dan menonaktifkan services yang telah dipilih.
  9. Secara default interval yang telah ditentukan adalah 60 detik. Tentu Anda dapat memilihnya dengan fleksibel.
  10. Di atas dijelaskan bahwa terdapat batasan untuk versi gratis dari aplikasi ini. Namun sang developer berbaik hati jika Anda ingin mencoba semua fitur yang ditawarkan pada versi berbayar (tetapi Anda masih tetap dapat membayar untuk memberikan dukungan pada developer). Tap opsi "Enable Pro" untuk menghapus batasan pilihan 3 services. Di sini Anda dapat menambah jumlah services sebanyak mungkin, dan Servicely akan mengecek interval yang telah Anda tentukan.
  11. Jika dipilih, maka akan mengaktifkan opsi “Start on boot” juga, mengartikan Servicely akan aktif saat gadget dijalankan.
Sumber Image : images.google.com

0 Response to "11 Kiat Tutup Aplikasi Boros Baterai Di Background"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.